Iklan

MULAI 1 JANUARI 2016 , BKN UBAH SISTEM PANGKAT DAN GAJI PNS

Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,,,, Selamat siang rekan-rekan guru semua yang ada diseluruh Indonesia..........  Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan mengubah sistem kepangkatan pegawai negeri sipil (PNS) dengan menggunakan grade (tingkatan). Sistem baru ini telah dimasukkan dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Gaji dan Tunjangan PNS.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Harya Wibisana mengatakan gaji dan Kepangkatan PNS sebelumnya hanya diatur mulai dari IA sampai 4E. Namun, ke depan akan ada grade 1 sampai 27. ”Itu nanti ada range -nya. Masa kerja sekian, kompetensi sekian, itu ada di-grade sekian sehingga kompetensi dihargai,” paparnya.



Bima mengatakan, kepangkatan ini akan berpengaruh pada sistem penggajian yang baru. Besaran gaji PNS juga akan dilihat dari grade yang dimiliki setiap PNS.
”Sistem kepangkatan akan berbeda. Ada 27 grade. Misal, pangkatnya 4A masa kerja 10 tahun dengan pendidikan doktor dengan pangkat 4A masa kerja 10 tahun pendidikan master, apakah gajinya sama? Kita akan membedakan. Kalau sekarang kan semuanya sama,” ungkapnya.

”Ini sekaligus pembersihan data yang rusak. Di samping itu juga agar data lebih lengkap,” tandasnya.Menurut dia, data di BKN saat ini sudah jauh lebih baik dan teratur. Data-data yang rusak dan tidak jelas sudah dimusnahkan.

Dia menjelaskan sistem ini berlaku pada 1 Januari 2016 sehingga pendataan diharapkan akan tuntas sampai 31 Desember mendatang.


”Jangan sampai ini ditetapkan, data tidak ada. Jika ini semua terdata baik, kita siap untuk diterapkan tahun depan,” ungkapnya.


Demikian berita dan informasi yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua. Untuk info dan berita guru lainnya, bisa kunjungi laman  DISINI 

10 Responses to "MULAI 1 JANUARI 2016 , BKN UBAH SISTEM PANGKAT DAN GAJI PNS "

  1. Kami abdi negara apapun keputusannya, kami akan melaksanakan dengan senang hati.

    ReplyDelete
  2. Nah guru yg udh sertifikasi masuk grade mana om?

    ReplyDelete
  3. TPG terbukti tdk meningkatkan kualitas sekolah, malah bikin guru jadi pemalas....

    ReplyDelete
  4. Apakah kinerja yg master lebih brk dr yg dktr? Yg master lebih baik dr yg sarjana? Dari pengalaman sy, nggak jg. Mlh ada yg semakin tinggi pendidikannya, cm kebanyakan omong saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilmu padi mas.makin berisi makin menunduk....bukanya Omdo....mlah membenarkan orang yg masih suka protes dng kebijakan yg benar....itu yg perlu kuliah lagi....begicuuu

      Delete

    2. Ilmu padi mas. Makin berisi semakin menunduk...rendah hati tidak untuk direndahkan, bukan sombong...tapi memang tidak Kosong...

      Delete
  5. Dgn sistem pangkat dan gaji pns yg baru , mohon agr penyesuaian terhadap PENSIUNAN dpt juga diperhatikan ! Perlu diketahui pihak pembuat kebijakan, bhw dgn menaikkan penggajian masa pensiun maka akan mengurangi motivasi utk korupsi bagi PNS semasa aktif krn pd saat pensiun kelak mereka tdk kawatir utk mencukupi biaya hidup yg wajar dan sejahtera !!!

    ReplyDelete
  6. Pihak pembuat kebijakan perhatikan pns/asn yg pensiun d tahun 2014, tentang gaji k 13 dan THR, karna knaikan gaji sdh ditiadakan, maka mrk yg pensiun tahun ini menjadi korban misalnya yg pensiun bulan 1 pebr 2016 dstny perhitungan seperti apa?, mohon kebijakan dirjen anggaran kemenkeu ri

    ReplyDelete
  7. Wah, saya sangat setuju, karena selama ini jika seorang guru menambah pendidikannya sepertinya useless, akhirnya pada malas, beda ketika bekerja di kantoran, tetapi selain dikbud lho, sekolah sedikit, pangkat naik otomatis gaji naik. Nah didunia pendidikan selama ini belum ada, bahkan ada yang g dibayar, kasihannilah mereka yang telah berjuang untuk hidupnya dan hidup orang lain

    ReplyDelete

Iklan