INI DIA PROGRAM DAN TEROBOSAN BARU KEMENDIKBUD UNTUK SELURUH GURU DAN KEPSEK

Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,,,, Selamat malam dan selamat datang disitus kuambil.com yang pada malam ini akan membagikan informasi mengenai,   Berbagai langkah dan upaya tengah dilakukan oleh Pemerintah guna menggenjot kualitas Pendidikan di tanah air. Guru sebagai tenaga pengajar dan pendidik dalam satuan pendidikan menjadi objek sasaran utama yang dibenahi oleh Pemerintah mengingat kualitas para guru saat ini dirasa belum begitu mengembirakan.

Program pertukaran kepala sekolah dan guru yang digagas pemerintah untuk memeratakan kualitas sekolah, harus dipersiapkan secara matang. 


Ketua Program Studi Pendidikan Guru SD (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Sri Harmianto, kemarin mengatakan program pertukaran guru dan kepala sekolah, sebaiknya dilakukan dengan tidak terburu-buru.


Menurutnya, banyak aspek yang harus diperhatikan dalam melaksanakan kebijakan tersebut. Salah satunya memerhatikan kesiapan guru atau kepala sekolah yang akan dimutasi. 

”Kalau kepala sekolah yang akan dimutasi belum siap, bisa saja nanti dia menjadi stres setelah ditempatkan di tempat kerja yang baru. Oleh karena itu, subjeknya harus diperhatikan terlebih dulu,” terang dosen PGSD ini.

Lanjut dia, kebijakan ini juga harus mempertimbangkan keberadaan pihak sekolah yang menjadi tujuan lokasi pemindahan. Harus dilihat dulu, apakah sekolah tersebut bisa menerima atau tidak. 

”Kalau mereka tidak bisa menerima, justru akan berdampak tidak baik terhadap suasana di sekolah tersebut,” jelas dia. Perlu Pemetaan Sri Harmianto menambahkan sebelum program ini diberlakukan, sebaiknya pemerintah memetakan persebaran guru dan kualitas seluruh sekolah. 

Hal itu penting agar kebijakan ini tidak menimbulkan persoalan baru. Dia menilai, pada dasarnya bila kebijakan pertukaran guru dan kepala sekolah dilakukan dalam rangka untuk perbaikan mutu pendidikan, maka hal tersebut merupakan langkah yang bagus. 

Meski demikian, kebijakan tersebut juga dapat berakibat yang tidak bagus, jika hal itu berkaitan dengan unsur politis, yakni adanya unsur suka dan tidak suka terhadap kepala sekolah maupun guru yang akan dipindah. 


Seperti diberitakan, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), saat ini mempersiapkan program pertukaran kepala sekolah (kasek) dan guru. Kebijakan ini dalam rangka untuk pemerataan kualitas pendidikan.

(Sumber : suaramerdeka.com)

Demikian berita yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua, Untuk info guru lainnya, bisa kunjungi laman  DISINI

1 Response to "INI DIA PROGRAM DAN TEROBOSAN BARU KEMENDIKBUD UNTUK SELURUH GURU DAN KEPSEK"

  1. Jika bapak menteri ingin menuntut kualitas tolong di perhatikam juga kesejatraan kami para guru honorer, coba lihat kenyataan di lapangan, apa negara ini tidak memiliki rasa
    Kami bukanya terlalu menuntut ! Selama ini kami tetap melaksankan tugas , dengan penuh semangat karna kami dibayar dengan senyum anak didik kami, tapi tidak selamanya bisa sperti ini, di sisi lain kami memiliki tanggung jawab untuk mengisi perut kami#salamoemarbakrie

    ReplyDelete