Iklan

SELURUH PNS WAJIB BACA, INI CARA LIHAT GAJI PENSIUN DAN TUNJANGAN HARI TUA ANDA

Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,, Selamat malam dan selamat datang disitus kuambil.com yang pada malam ini akan membagikan informasi mengenai,  Para pegawai negeri sipil (PNS) tak perlu menebak-nebak berapa gaji pensiun dan tunjangan hari tua (THT) yang akan mereka terima. Sebab, PT Taspen telah menyiapkan website yang memungkinkan PNS mengetahui estimasi gaji pensiun dan THT mereka.
Rumus penghitungan gaji pensiun PNS diatur dalam PMK No. 50/2012, yakni gaji pokok pensiun x 12 bulan x masa kerja.
Contoh: Naruto akan pensiun di usia 55 tahun dengan masa kerja 25 tahun dan penghasilan dasar pensiun sebesar Rp1.800.000. Maka manfaat pensiun Naruto dihitung dengan menggunakan rumus bulanan sebesar:

MP = 2,5% x MK x PhDP atau 2,% x 25 th x Rp1.800.000 = Rp1.125.000. Jadi, gaji pensiun Naruto adalah Rp1.125.000.

Jika bingung, PNS tidak perlu susah-susah menghitungnya dengan menggunakan rumus tersebut. PNS cukup masuk ke website yang sudah disiapkan PT Taspen dan memasukkan NIP lama serta tanggal lahir, maka akan muncul estimasi gaji pensiun serta jumlah THT yang akan diterima.
“Sekarang enak banget, bisa langsung ngecek estimasi gaji pensiun dan tunjangan hari tua di internet,” ujar PNS Dinas Kesehatan Kota Bogor, Nurmawaty M Rustam (32).
Gaji pensiun dan THT tidak dibayarkan bersamaan. Gaji pensiun diterima setiap bulan, sedangkan THT diterima sekaligus dalam bentuk tunai.

Setelah itu, akan muncul nilai estimasi gaji pensiun dan tunjangan hari tua di laman tersebut. Gaji pensiun tertera di kolom kiri bawah, sedangkan nilai tunjangan hari tua atau pesangon tertera di kolom kanan bawah.

Begini cara mudah menghitung estimasi gaji pensiun dan tunjangan hari tua sejak terangkat menjadi PNS hingga sekarang:
1. Kunjungi website Taspen.com atau langsung klik  e-klim.taspen.com/eklim/estimasi.
2. Masukkan NIP lama yang terdiri dari angka 9 digit atau NIP lama yang terdiri dari 18 digit.
3. Masukkan tahun, bulan, dan tanggal lahir Anda.
Contoh, Naruto yang masa kerjanya 8 tahun, saat ini memiliki gaji pokok pokok Rp2.898.700. Jika Naruto pensiun tahun ini, maka dia akan mendapatkan gaji pensiun setiap bulan Rp2.543.467. Selain itu, Naruto juga akan mendapatkan tunjangan hari tua atau uang pesangon sebesar Rp63.133.686.

(Baca Juga : ALHAMDULILLAH... PRESIDEN JOKOWI TANDA TANGANI PP NO.120 TAHUN 2015 , PNS KEPEGAWAIAN RESMI DAPAT TUNJANGAN BARU
Estimasi gaji pensiun dan tunjangan hari tua ini dihitung berdasarkan pangkat dan besaran gaji pokok PNS. Nilai estimasi dapat berubah besarannya, tergantung gaji pokok terakhir saat pensiun.
Berikut ini tampilan website e-klim.taspen.com/eklim/estimasi dan tata cara mengisinya.


Demikian berita yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua, Untuk info guru lainnya, bisa kunjungi laman  DISINI

0 Response to "SELURUH PNS WAJIB BACA, INI CARA LIHAT GAJI PENSIUN DAN TUNJANGAN HARI TUA ANDA"

Post a Comment

Iklan