Iklan

KURIKULUM 2013 DISEDERHANAKAN , GURU TAK PERLU STRES LAGI

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,Selamat malam rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia , malam ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,,,,,

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, memutuskan mengoreksi Kurikulum 2013 untuk disederhanakan dalam penerapan karena beban penilaiannya dinilai terlalu besar.


"Sistem penilaian pada Kurikulum 2013 dengan penilaian autentik memberatkan guru karena waktunya habis hanya untuk melakukan penilaian," ujarnya, ketika menginspeksi pelaksanaan pencetakan Kartu Indonesia Pintar, di PT Pura Grup Kudus, Sabtu malam (16/4). 

Untuk itu, kata dia, disederhanakan supaya guru bisa menilai dengan mudah. 

Sekolah yang sebelumnya menerapkan Kurikulum 2013, kata dia, sekarang gurunya diikutkan dalam pelatihan.

Jumlah guru yang diikutkan dalam pelatihan, kata dia, sebanyak 254.000 guru untuk dilatih melaksanakan kurikulum itu dengan cara yang baru.

Sebetulnya, kata dia, Kurikulum 2013 cukup baik, hanya saja ketika dilaksanakan serempak tanpa persiapan matang, menimbulkan masalah.

Untuk itu, kata dia, guna melaksanakan kurikulum dengan cara yang baru nantinya tentu harus ada pelatihan hingga semuanya benar-benar siap.

Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus, Agus Nuratman, mengungkapkan, guru tingkat SMA/SMK di Kudus juga mulai mengikuti pelatihan Kurikulum 2013 itu.

"Guru yang mengikuti pelatihan secara bergiliran," ujarnya.

Untuk sekolah tingkat SMA/SMK, kata dia, terdapat lima sekolah yang melaksanakan Kurikulum 2013 dari 43 SMA/SMK baik swasta maupun negeri.

Bagi guru yang belum terbiasa dengan model baru, kata dia, memang terkesan memberatkan, terlebih sistem penilaiannya menggunakan penilaian autentik yang ada instrumennya serta dibuktikan dengan data terukur.

Sebetulnya, kata dia, semua guru bisa menilai masing-masing siswanya sehingga ketika sudah menguasai sistem penilaiannya tentunya tidak akan kerepotan. 

Sumber : antaranews

Demikian info yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua, Untuk info terbaru lainnya, bisa kunjungi laman    DISINI

2 Responses to "KURIKULUM 2013 DISEDERHANAKAN , GURU TAK PERLU STRES LAGI"

  1. Guru mah tergantung yang memerintah. Disuruh nyungsep ya nyungsep. Disuruh stres ya stres. Disuruh membayar ya bayar. Baru nyadar ya kalau guru hanya dikerjai. Guru ga akan stres kalau ga dikerjai orang- orang stres.

    ReplyDelete
  2. Guru tergantung yang memerintahnya.

    ReplyDelete

Iklan