Iklan

MULAI PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2016/2017 PROGRAM PROFESI KEINSINYURAN DIBUKA

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua, malam ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir menargetkan program studi profesi keinsinyuran yang dimandatkan kepada 40 perguruan tinggi mulai berjalan di tahun ajaran 2016/2017.

Program Profesi Keinsinyuran Segera Diwujudkan

“Saya berharap pada penerimaan mahasiswa baru 2016/2017 program profesi keinsinyuran ini sudah mulai diberlakukan,” kata Nasir usai memberikan mandat profesi keinsinyuran pada 40 perguruan tinggi di Jakarta, Rabu (13/4).

Nasir menyebut profesi keinsinyuran merupakan kebutuhan yang sangat mendesak saat ini untuk memenuhi jumlah permintaan profesi insinyur di lapangan. Selain itu, sertifikasi profesi insinyur untuk anak negeri juga sangat diperlukan guna bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah berlangsung di Indonesia.

Oleh karena itu dia mendorong agar program profesi keinsinyuran ini dapat segera terwujud dan dijalankan secepatnya. Nasir juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengeluarkan peraturan menteri terkait profesi keinsinyuran untuk melengkapi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran. Keputusan tersebut diambil untuk langkah awal sambil menunggu presiden mengeluarkan peraturan presiden atau peraturan pemerintah dalam mendukung UU Keinsinyuran yang disahkan pada 2014.

Selanjunya, kata dia, langkah yang harus dilakukan ialah dengan membentuk organsiasi profesi keinsinyuran di perguruan tinggi agar dapat dimasukkan ke dalam struktur organisasi.

“Dengan munculnya profesi baru, apakah harus membentuk lembaga terpisah dari fakultasnya atau seperti apa itu diserahkan pada perguruan tinggi masing-masing,” kata Nasir.

Namun yang perlu diperhatikan, kata Nasir, ialah memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait profesi keinsinyuran yang merupakan hal baru dan terkait dengan sumber daya manusia. “Menurut perkiraan saya, ada potential market, tapi ada tantangan dalam rangka sosialisasi masyarakat,” ujarnya.

Dia juga menekankan kepada perguruan tinggi untuk menjaring para sarjana teknik agar mengikuti program profesi keinsinyuran guna mendapat kompetensi dari organisasi profesi.

Kementerian Ristekdikti mengarahkan 40 perguruan tinggi negeri atau swasta untuk menjalankan program profesi keinsinyuran. Program tersebut akan menjadikan para sarjana teknik mendapat sertifikat profesi sebagai insinyur.

Profesi insinyur tersebut sama halnya seperti program profesi lain seperti akuntan, psikolog, dokter, apoteker, dan lain-lain.

Sumber : koran-jakarta

Demikian info yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua, Untuk info terbaru lainnya, bisa kunjungi laman    DISINI

0 Response to "MULAI PENERIMAAN MAHASISWA BARU 2016/2017 PROGRAM PROFESI KEINSINYURAN DIBUKA"

Post a Comment

Iklan