PEMERINTAH TEGASKAN TETAP BIAYAI SERTIFIKASI GURU !

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, malam ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai.,,,,,

Pemerintah akhirnya tetap akan membiayai program sertifikasi guru melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Kebijakan ini menjawab kegelisahan guru-guru yang sebelumnya diharuskan membayar program sertifikasi guru di mana biayanya bisa mencapai 15 juta rupiah.


Pemerintah melanjutkan program sertifikasi guru sebagaimana diamanatkan Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dengan anggaran dari negara. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyatakan program sertifikasi guru melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) dibiayai oleh Pemerintah.

“Pemerintah tetap melanjutkan upaya sertifikasi guru dengan tetap memberikan bantuan dana bagi guru untuk mengikuti program sertifikasi melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG),” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, di Jakarta, kemarin.

Ia menegaskan, semua guru dalam jabatan yang diangkat sampai dengan 2005 dan guru yang diangkat dalam periode 2006-2015 yang belum memiliki sertifikat pendidik dapat mengikuti program sertifikasi melalui program PLPG.

Bagi guru yang ingin mendapatkan sertifikat pendidik dibebaskan untuk memilih program sertifikasi yang diselenggarakan oleh LPTK. Seperti PLPG atau Sertifikasi Guru melalui Pendidikan Profesi Guru (SG-PPG).

Pemerintah melaksanakan beberapa upaya khusus untuk menuntaskan program sertifikasi guru melalui portofolio serta PLPG yang sudah dilaksanakan untuk 1.638.240 guru selama ini. Dari seluruh upaya ini masih terdapat guru yang belum tersertifikasi, yakni 555.467 guru, yang terdiri atas 116.770 guru dalam jabatan yang diangkat sampai dengan 2005 dan 438.697 guru yang diangkat dalam periode 2006-2015.

“Semua yang memenuhi syarat akan diarahkan untuk mengikuti PLPG,” imbuh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Sumarna Surapranata.

Menyambut Baik

Dihubungi terpisah, Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listyarti menyambut baik kebijakan pembiayaan program sertifikasi tersebut. “Sebab kasihan guru-guru, terutama yang masih honorer,” ungkapnya.

Hingga hari ini, kata Retno, belum diketahui berapa besar pemerintah akan membiayai program sertifikasi. Namun Ia berharap besar bantuan minimal dapat mencapai 50 persen dari total nilai yang harus dikeluarkan para guru. “Syukur-syukur jika seluruhnya ditanggung, tapi jika hanya beraifat bantuan, kami berharap minimal mencapai 50 persen,” harapnya.

Untuk diketahui, total biaya sertifikasi yang harus dikeluarkan guru SD dan SMP mencapai 7 juta rupiah. Sedangkan untuk guru jenjang SMA sederajat diperkirakan mencapai 17 juta rupiah.

Retno juga meminta kepada pemerintah agar memberikan perlakuan khusus kepada guru-guru yang sudah mendekati masa pensiun tetapi belum bergelar sarjana. “Guru-guru yang sudah sepuh sebaiknya tetap mendapat akses ikut sertifikasi tanpa harus jadi sarjana. Karena pengalaman mengajarnya perlu diperhitungkan,” ungkapnya.

Sumber : koran-jakarta

Demikian info yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua, Untuk info terbaru lainnya bisa kunjungi laman      DISINI

0 Response to "PEMERINTAH TEGASKAN TETAP BIAYAI SERTIFIKASI GURU !"

Post a Comment