Iklan

PENDAFTARAN CALON PESERTA PLPG DIPERPANJANG, BERIKUT JADWAL TERBARUNYA....

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,, Selamat pagi rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, pagi ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,,,,

Pendaftaran calon peserta pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) diperpanjang hingga Mei. Sesuai jadwal seharusnya pengumpulan dan verifikasi berkas calon peserta sertifikasi guru di dinas kabupaten/kota masing-masing pada 5—15 April lalu. 


Hal itu diungkapkan Kepala LPMP Provinsi Lampung, Sabli. “Sesuai informasi dari Dirjen GTK, pendaftaran PLPG diperpanjangan hingga Mei nanti,” ujarnya, Minggu (17/4/2016).

Sabli menjelaskan Pemerintah Pusat tidak memberikan kuota pasti untuk masing-masing pemerintah provinsi karena kuota bergantung jumlah data yang masuk persetujuan A1. “Namun, secara nasional kuota sertifikasi untuk 2016 ini berjumlah sekitar 140 ribu lebih guru se-Indonesia,” kata dia.

Dia memaparkan data awal calon peserta sertifikasi guru yang memenuhi syarat diambil dari data pokok pendidik (Dapodik) dan diumumkan melalui Disdikbud kabupaten/kota. “Guru peserta PLPG menyiapkan berkas persyaratan dan di verifikasi dan divalidasi (verval) oleh kepala sekolah masing-masing. Lalu, ke Disdikbud untuk diverval oleh Disdikbud kabupaten/kota.”

Data tersebut selanjutnya dikirim ke LPMP untuk diverval dan disetujui A1. Kemudian, Dirjen GTK membagi kuota provinsi dan per kabupaten/kota. Disdikbud kabupaten/kota mencetak AI sebagai bukti guru tersebut sudah menjadi peserta PLPG. “Jadi diingatkan bahwa tidak ada pungutan kepada para peserta sertifikasi,” katanya.

Namun, kebijakan menggratiskan pembiayaan proses sertifikasi ini tetap memperhatikan kualitas guru. Setelah mengikuti PLPG, para guru harus lulus ujian tulis nasional (UTN) dengan nilai minimal 80(dari range 100). 

Jika dinyatakan tidak lulus UTN karena nilai tidak mencapai 80, guru tersebut tidak bisa mengikuti PLPG untuk kedua kalinya karena PLPG hanya bisa diikuti satu kali. Namun, guru tersebut tetap bisa mengikuti UTN lagi. 

Sumber : lampost

Demikian info yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua, Untuk info terbaru lainnya, bisa kunjungi laman    DISINI

0 Response to "PENDAFTARAN CALON PESERTA PLPG DIPERPANJANG, BERIKUT JADWAL TERBARUNYA...."

Post a Comment

Iklan