Iklan

PENGAMAT PENDIDIKAN : TINGGINYA BIAYA SERTIFIKASI GURU DINILAI MERENGGUT HAK GURU !!!

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, malam ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,,,

Pada tahun ini, calon peserta sertifikasi Guru di Dinas Pendidikan Kota Parepare, dibebankan biaya. Kisaran harga selangit yang akan dipikul guru tersebut yakni Rp 15 juta! Padahal, pada tahun sebelumnya beban biaya tersebut tak ada. Kepala Seksi Komunikasi Dinas Pendidikan Parepare, Arif Makmur menjelaskan biaya sertifikasi tenaga guru tahun lalu disubsidi oleh Pemerintah Daerah. “Sekarang sudah tidak ada lagi subsidi. 


Pada prinsipnya untuk biaya sertifikasi itu ada yang bayar sendiri ada juga yang disubsidi,”jelas Arif, Rabu (6/4/2016). Itupun belum pasti. Namun, katanya harga tersebut sudah “diketukpalukan” pada rapat dan sosialisasi bersama pihak lembaga pendidikan tingkat kejururan (LPTK) Universitas Negeri Makasar (UNM) Sulsel. Sementara pihak Dinas Pendidikan Parepar‎e hanya diperciki soal urus-mengurus berkas calon peserta. “Jadi, perkiraannya seperti itu lah…. Belum jelas patokan pastinya, karena semuanya masih dalam proses pemberkasan. Soal biaya bukanlah kewenangan kami juga, LPTK yang urus.” katanya. 

Sementara pengamat Pendidikan Parepare Ahmad Kohawan menilai, tingginya biaya sertifikasi guru dinilai merenggut hak guru untuk mendapat sertifikasi secara perbandingan dari 2015 silam, yang notabene bebas biaya. Sekadardiketahui, sesuai UU Guru dan Dosen nomor 14 tahun 2015 pasal 11 telah ditegaskan bahwa sertifikasi hanya diberikan kepada guru yang memenuhi persyaratan. “Perlu diingat bahwa pendidikan profesi guru adalah hak guru, bukan kewajiban. 

Sehingga kendala biaya tidak semestinya jadi alasan menghambat guru,” jelasnya. Sejauh ini, 281 calon peserta sudah mendaftarkan diri sebagai calon peserta sertifikasi. Sebagai syarat mutlak, bagi tenaga guru yang hanya memiliki nilai di bawah 50 persen pada uji kompetensi (UKG), dipastikan takkan diakomodir menjadi calon peserta. 

(Sumber : rakyatku

Demikian info yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua, Untuk info terbaru lainnya, bisa kunjungi laman    DISINI

1 Response to "PENGAMAT PENDIDIKAN : TINGGINYA BIAYA SERTIFIKASI GURU DINILAI MERENGGUT HAK GURU !!!"

  1. Meyedihkan mendengar masalah sertivikasi yang katanya untuk guru PNS dan non-PNS tetapi kenyataannya Guru Non-PNS yang ada di Sekolah Negeri tidak dapat mengikuti sertifikasi sedangkan guru Non-PNS yayasan boleh mengikuti sertifikasi dan mendapatkan fasilitas penuh dari pemerintah. Apa yang membedakan itu, saya mencoba menelusuri informasi tentang itu tetapi selalu mendapatkan jawaban yang tidak enak di dengar dan syarat yang rumit karena harus ada SK dari pejabat pemerintah daerah setempat ketika di tanyakan bagaimana mendapatkan surat tersebut jawabanya bahwa pejabat tersebut tidak mau tanda-tangan tentang hal tersebut ini terjadi di tahun yang lewat. Mudah-Mudahan sekarang kalo ada kesempatan baik tersebut tidak ada lagi perbedaan antara Guru Non PNS yayasan dan Guru Non PNS yang ada di Sekolah negeri. tetapi mungkinkah non PNS negeri bisa ikut sertifikasi kalo biaya sertifikasi menurut berita di sosial media mandiri mencapai belasan juta rupiah.

    ReplyDelete

Iklan