PENTING DIKETAHUI ! UKG TAK BERHUBUNGAN DENGAN TUNJANGAN GURU....

Kuambil.com - Assalamualiakum wr wb,,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, malam ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,,,

Uji Kompetensi Guru (UKG) dinilai tidak ada hubungannya dengan penyaluran Tunjangan Profesi Guru (TPG).  Maka dari itu, keberadaan hasil uji kompetensi semestinya tidak berpengaruh terhadap keberadaan tunjangan profesi yang diterima para guru.


Menurut Pegiat Forum Interaksi Guru Banyumas (Figurmas), FA Agus Wahyudi, antara TPG dan UKG merupakan dua hal yang sangat berbeda.  Hasil dari UKG sebagai pemetaan kualitas guru dan dasar untuk meningkatkan profesionalisme guru.

”Keberadaan uji kompetensi hanya untuk memetakan kualitas dan kemampuan guru, sedangkan tunjangan profesi guru merupakan hak yang sudah semestinya diterima para guru,” jelasnya.

Dia menambahkan, sesuai dengan Undang-Undang Guru dan Dosen, dana tunjangan profesi diberikan kepada guru yang lulus sertifikasi.  Artinya mereka yang telah memenuhi persyaratan berhak untuk mendapatkan dana tunjangan tersebut.

”Ada beberapa persyaratan yang harus dipernuhi guru agar bisa menerima tunjangan sertifikasi.  Salah satunya memenuhi jumlah jam mengajar, yakni 24 jam dalam sepekan.  Jadi tidak ada hubungannya dengan hasil UKG,” terang guru SMA 2 Purwokerto tersebut.

Sebelumnya Kabid Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Takdir Widagdo, mengatakan saat ini nilai uji kompetensi guru menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi.

”Sejak awal sebelum pelaksanaan UKG, kami sudah mengimbau kepada para guru agar benar-benar mempersiapkan diri dalam menghadapi UKG.  Pasalnya hasil UKG akan memengaruhi sertifikasi guru,” jelas dia.

Dalam penyaluran dana tunjangan profesi tahun ini, pemerintah telah menetapkan syarat nilai minimal uji kompetensi yang harus diperoleh guru, yakni 5,5.  Artinya untuk bisa mendapatkan tunjangan profesi, nilai yang diperoleh guru minimal harus 5,5.

Bahkan untuk meningkatkan kualitas para guru, lanjut dia, batas nilai minimal tersebut setiap tahun akan dinaikkan.  Untuk nilai minimal dalam pelaksanaan UKG tahun 2016 nanti, pemerintah telah menetapkan 6,5.  Dengan demikian, guru harus mempersiapkan diri agar nilai uji kompetensinya tidak jeblok dan berpengaruh terhadap tunjangan sertifikasi yang akan diterima.

Dengan digunakannya hasil uji kompetensi dalam penyaluran dana tunjangan profesi, maka pemberian dana tunjangan ini semakin diperketat.  Artinya dana tunjangan tidak diberikan secara cuma-cuma, sebab ada persyaratan ketat yang harus dipenuhi guru.

Sumber : suaramerdeka



Demikian info yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua, Untuk info terbaru lainnya, bisa kunjungi laman   DISINI

0 Response to "PENTING DIKETAHUI ! UKG TAK BERHUBUNGAN DENGAN TUNJANGAN GURU...."

Post a Comment