Iklan

INILAH KRITERIA GURU IDAMAN SISWA MENURUT PRAKTISI PENDIDIKAN

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,,, Selamat pagi rekan-rekan guru semua ditanah air....

Pengamat dan praktisi pendidikan Arief Rachman mengatakan, adanya UU Sisdiknas menuntut tenaga pendidik meningkatkan kompetensinya. Guru tidak hanya datang ke sekolah menyodorkan tugas, menguji, dan memeriksa hasil kerja siswa.

"Guru di era pembelajaran abad 21 dituntut punya kemampuan lebih terutama penguasaan teknologi," kata Arief yang juga ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Minggu (8/5).


Dengan teknologi, lanjutnya, banyak metode-metode pembelajaran baru di mana sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Selain itu akses siswa mendapatkan informasi lebih ‎besar.

"Teknologi bisa membuat peserta didik memetakan program dengan langkah mereka sendiri. Mereka juga mampu mengendalikan dan mengelola pembelajaran mereka sendiri. Kalau guru-guru tidak bisa mengakrabkan diri dengan teknologi akan tersingkir dengan sendirinya," paparnya.

Ada tiga kriteria yang harus dimiliki guru untuk menarik hati siswa. Yaitu berorientasi pada siswa, dinamis, dan demokratis.

"Untuk menjadi guru idaman siswa, guru tidak boleh lagi diktator. Siswa harus dirangkul dan didekati‎ agar dia merasa nyaman. Tidak adalagi guru menakutkan siswa," ucapnya.

Selain itu, guru juga harus meningkatkan mutunya, terutama dari aspek akademis, psikologis, metodologis, dan sosiologis.

Guru harus punya kemampuan lebih dari siswa, karena siswa abad 21 sangat cepat mendapatkan informasi. Psikologis guru juga menjadi penentu nyaman tidaknya siswa menerima materi yang diajarkan.

"Guru yang punya temperamen keras bisa memicu terjadinya tindak kekerasan.Nah, ini harus dicegah‎," tandasnya.

Sumber : jpnn

Demikian info yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua, Untuk info terbaru lainnya, bisa kunjungi laman    DISINI

0 Response to "INILAH KRITERIA GURU IDAMAN SISWA MENURUT PRAKTISI PENDIDIKAN"

Post a Comment

Iklan