Iklan

KEREN,,,, CEGAH GURU K0RUPSI , INI AKSI KPK

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia,  

Komisi Pemberantasan K0rupsi (KPK) berencana memasang aplikasi yang bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memberantas k0rupsi di tempat pelayanan umum. Aplikasi itu di antaranya check my school yang dipasang di sekolah dan check hospital di rumah sakit.


"Akan diterbitkan tiga bulan mendatang," kata Ketua KPK Agus Rahardjo, setelah menjadi narasumber dalam kelas inspirasi di SMA Negeri 1 Magetan, Jumat, 13 Mei 2016.

Menurut dia, rencana pemasangan aplikasi check my school itu berangkat dari keprihatinan KPK. Sebab, masih berlangsungnya kegiatan yang semestinya tidak diperbolehkan namun sudah dianggap biasa di sekolah. Aktivitas itu di antaranya bisnis penjualan buku yang dilakukan pihak sekolah. Selain itu, adanya guru yang ikut piknik namun tidak membayar.

Munculnya praktek seperti itu, ia menilai, karena penghasilan guru yang masih minim. Karena itu, KPK akan mendorong pemerintah meningkatkan gaji guru melalui program sertifikasi yang sudah dijalankan. "Caranya, guru harus diberi gaji tinggi dan tidak boleh berbisnis di sekolah," ucap Agus.

Aplikasi check my school, ia melanjutkan, akan meningkatkan transparansi anggaran di sekolah. Termasuk di dalamnya tentang jumlah dana yang diperoleh dari pemerintah dan sumbangan orang tua. Untuk pencegahan k0rupsi, Agus berharap para siswa proaktif mengontrol pelayanan di sekolahnya melalui aplikasi tersebut.

Adapun aplikasi check hospital juga mempunyai fungsi yang sama. Di dalamnya akan diketahui sejumlah hal, di antaranya hak dan kewajiban pasien serta teknis dan lama pelayanan. "Kontrol harus dilakukan secara seimbang," ucap mantan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah ini.

Agus Rahardjo dijadwalkan berada di daerah kelahirannya, Magetan, selama dua hari sejak Jumat hingga Sabtu besok, 14 Mei 2016. Selain mengunjungi sekolah lamanya, pria penyuka gulai kambing ini akan datang ke acara reuni akbar alumni SMA Negeri 1 Magetan 1966-1990 di Gelanggang Olahraga Ki Mageti, Magetan.

Sumber : tempo

Demikian info yang dapat kuambil.com berikan,semoga ada manfaatnya unutk kita semua,,,,,,,,,,

1 Response to "KEREN,,,, CEGAH GURU K0RUPSI , INI AKSI KPK"

  1. Mantaf! Ini termasuk program jitu. Untuk mencegah korupsi, dan mendidik warga sekolah utk tdk korupsi, inilah salah satu wadahnya. Menurut pengamatan sy, guru adalah satu profesi yg paling bingung, tentang 'apa itu korupsi?' Dari awal bekerja sbg guru, sampai pensiun, guru sering (selalu) bersinggungan dng hal2 yg berbau korupsi dan sejenisnya! Samar2 apakah ini salah atau tdk. Ditambah lg posisi profesi guru tergolong lemah, jd jika pihak pemda (dinas) melakukan pungli, guru selalu mengalah dan pelampiasannya kpd siswa. Dan yg paling ironis nya, guru sendiri pun byk yg tdk tahu lg, apakah pungli itu (dan sejenisnya) adalah perbuatan yg salah. Makanya belakangan ini,setahu sy, guru jarang sekali mendidik siswa utk menjadi 'anti korupsi. Begitulah......

    ReplyDelete

Iklan