Iklan

PERMINTAAN MENDIKBUD AGAR PANCASILA DIAJARKAN SEBAGAI KEBIASAAN

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,,,,,, Selamat pagi rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, pagi ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai..........

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan meminta pengajaran nilai-nilai Pancasila di sekolah diterapkan sebagai kebiasaan bukan sekadar pengetahuan yang belum tentu diimplementasikan siswa dalam kehidupan sehari-hari.


"Kami meminta pengajaran Pancasila bukan sekadar sebagai pengetahuan tetapi sebagai kebiasaan,"

kata Anies Baswedan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Senin.

Menurut dia, strategi pembiasaan nilai Pancasila itu telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2015 yang mengamanatkan penumbuhan budi pekerti berbasis nilai Pancasila sebagai kebiasaan.

"Dulu kita pernah mengalami ketika Pancasila diajarkan selama 26 jam hanya sebagai pengetahuan, karena itu Pancasila sekadar diketahui namun tidak dijalankan," kata dia.

Menurut dia, konsep pembiasaan nilai Pancasila itu misalnya dapat diterapkan dalam kegiatan piket kebersihan di sekolah. 

"Melalui piket itu anak bisa berlatih bergotong royong, bukan sebagai pengetahuan tapi sebagai kebiasaan," kata Anies.

Selain itu, ia mencontohkan dalam mengajarkan nilai kejujuran, tentu tidak efektif jika hanya diajarkan hanya sebagai pengetahuan, melainkan harus melalui proses pembiasaan.

Oleh sebab itu dalam menyambut momentum kelahiran pancasila pada 1 Juni, Anies menekankan agar Pancasila dapat dimaknai sebagai nilai individual maupun kolektif, serta sebagai kebiasaan bukan sekadar pengetahuan.

"Bayangkan kita belajar shalat dan berwudhu tentu tidak sekadar dilakukan di ruang kelas, tetapi diajak bersama-sama shalat, lalu dilakukan rutin lima waktu sehari, Sehingga anak terbiasa dalam kegiatan shalat. Demikian juga Pancasila," kata Anies. 

Sumber : antara

Untuk info guru terbaru lainnya, bisa kunjungi laman    DISINI

Demikian info yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manfaatnya unutk kita semua,,,,,,,,,,,,

1 Response to "PERMINTAAN MENDIKBUD AGAR PANCASILA DIAJARKAN SEBAGAI KEBIASAAN"

  1. Betul sekali pak akan tetapi harus diperkenalkan terlebih dahulu kepada siswa akan nilai-nilai pancasila logikanya bagaimana siswa dapat menerapkan dan mepraktekkan nilai-nilai pancasila kalau terlebih dahulu mereka tidak diperkenalkan atau disampaikan secara lisan maupun tulisan???

    ReplyDelete

Iklan