Iklan

INI HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMBERIKAN HUKUMAN KEPADA ANAK/SISWA

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,,,, Selamat pagi rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, pagi ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,,,,,,,,

Setiap orang tua pasti pernah memberikan hukuman pada anaknya, dalam batasan-batasan tertentu hukuman pada anak diperbolehkan agar anak bisa menjadi lebih baik, maju, lebih santun. Tetapi perlu diketahui bahwa hukuman kepada anak merupakan hal yang kontra produktif.


Para orang tua sebenarnya tahu bahwa pemberian hukuman fisik pada anak memiliki risiko tinggi terhadap terganggunya perkembangan mental anak. Hanya orang tua yang kurang sabar mendidik menjadikan hukuman itu sebagai senjata ampuh untuk mendisiplinkan anak.

Pada hakikatnya hukuman adalah metode dalam pendidikan yang digunakan untuk memberikan motivasi pada anak agar mampu memperbaiki kesalahan. Dan hukuman tersebut dipandang perlu tetapi ada hal-hal yang harus kita ketahui sebagai berikut:

1. Hukuman harus memberi efek jera.

2. Hukuman itu masih dalam koridor mendidik bukan kekerasan bersifat menyakiti.

3. Bukan karena faktor balas dendam kita kepada anak akan kenakalannya.

4. Ada baiknya hukuman itu tercipta sebagai hal yang kita tetapkan bersama pada anak, baik itu batasan dan jenis hukumannya, ajak mereka menentukan batasan perilaku yang harus dihukum dan hukuman apa yang mereka terima bila melanggar kesepakatan.

5. Jangan menunda hukuman, karena menundanya hanya akan membuat anak tertekan.

6. Harus kita pahami bahwa pemberian hukuman itu karena kesalahan anak yang benar-benar fatal. Misalnya meninggalkan kewajiban sholat/amalan fardhu lain, bisa saja ketika ia tidak hormat pada orang yang lebih tua darinya, atau membuat ulah di sekolah dan lain-lain. Jangan terlalu gampang memberikan hukuman itu sedangkan kita sendiri masih yakin bahwa dengan menasehatinya mungkin cukup.

7. Hukuman harus seimbang dengan penghargaan/hadiah. Sebaiknya bukan hanya hukuman yang kita berikan, ketika anak melakukan kesalahan, tetapi disinilah orang tua perlu memberikan adanya penghargaan atas kebaikan-kebaikan yang ia lakukan atau prestasinya sekecil apapun. Mulailah dengan memuji, karena penghargaan dan pujian akan berbuah hal positif bagi anak untuk terus mempertahankan kebaikan/prestasi itu.

Sumber : rumahzakat.org

Untuk info terbaru lainnya,bisa kunjungi laman   DISINI

Demikian info yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua,,,,,,,,,,,,,,

0 Response to "INI HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMBERIKAN HUKUMAN KEPADA ANAK/SISWA"

Post a Comment

Iklan