Iklan

KEPALA DISDIKPORA KUDUS : GURU DIBERI PROTEKSI AGAR TAK TERSERAT MASALAH HUKUM !

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, malam ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai.........

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus tidak menginginkan adanya masalah sepele, yang bisa menyeret guru ke ranah hukum. Dinas melakukan proteksi dengan cara menyarankan agar ada perjanjian antara pihak sekolah dan wali murid.

Click Download to save this image

Kepala Disdikpora Kudus Joko Susilo berharap dengan perjanjian ini menegaskan tata tertib sekolah yang sudah ada.  “Surat pernyataan itu sebagai langkah mengantisipasi munculnya persoalan hingga berujung pada proses hukum seperti yang marak terjadi belakangan ini,” kata Joko kemarin.

Dengan adanya kesepakatan bersama tersebut para orang tua dapat memahami di setiap sekolah ada tata tertib. Dan semua putra putrinya yang disekolahkan tersebut terikat aturan lembaga pendidikan. “Seumpama ada yang melanggar, maka murid akan terkena sanksi sesuai ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Pemahaman ini perlu ditanamkan agar ke depan tidak muncul kasus guru yang dipolisikan oleh wali murid, karena memberi sanksi kepada anak didiknya. Kasus serupa banyak terjadi di sejumlah daerah belakangan ini. “Jika perlu, surat pernyataan itu dibuat di kertas bermaterai yang ditanda tangani wali murid. Perjanjian itu sebagai bentuk kesediaan wali murid menyerahkan pendidikan anaknya selama di sekolah,” tuturnya.

Jika ada murid atau siswa yang melangar tata tertib, maka guru atau sekolah berhak memberi sanksi tegas. ”Tentunya sanksi diberikan sesuai aturan yang berlaku di sekolah tersebut,” katanya.

Menurutnya waktu yang tepat untuk melakukan perjanjian tersebut pada saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) akan dibuka. “Kesempatan tersebut merupakan waktu yang tepat untuk memberi pengertian kepada wali murid,” tegasnya.

Beberapa orang tua menyetujui bila ada rencana penyusunan kontrak perjanjian antara sekolah dan guru ini. “Saya setuju dengan apa yang diusulkan kepala dinas, sehingga kelak tidak akan ada masalah hukum hanya gara-gara hal sepele,” ungkap Soleh warga Mlati Kidul, Kota.

Sementara Anggoota DPRD setempat Mawahib mengatakan guru tak boleh takut dengan anak didiknya. Meski begitu, pihaknya tidak setuju jika sanksi untuk pelanggaran aturan sekolah diberikan dalam bentuk kekerasan fisik. “Sanksi harus mendidik, atas dasar dan kerangka pembentukan mental dan karakter anak. Jangan sampai disanksi dalam bentuk kekerasan fisik,” harapnya.

Sumber : rakyatmuria

Untuk info terbaru lainnya, bisa kunjungi laman    DISINI

Demikian info yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua............

0 Response to "KEPALA DISDIKPORA KUDUS : GURU DIBERI PROTEKSI AGAR TAK TERSERAT MASALAH HUKUM ! "

Post a Comment

Iklan