PENTING UNTUK DIKETAHUI SEMUA GURU, STRES BISA MENULAR DARI GURU KE SISWA

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, malam ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,,,,

Siapa saja bisa terjangkiti oleh gangguan atau kekacauan mental dan emosional. Namun siapa menyangka bahwa stres yang dialami oleh guru ternyata bisa menular ke anak didiknya di dalam ruang kelas? Ketika guru stres, anak didiknya juga akan stres.


Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Social Science & Medicine mengungkapkan tingkat stres yang dialami oleh 17 guru kelas empat sampai ke tujuh. Studi itu juga mengukur tingkat hormon kortisol sebagai penanda stres pada pelajar asuhan guru-guru itu. Pengujian lewat sampel air liur membuktikan lebih dari 400 orang pelajar juga mengalami stres.

Para peneliti dari University of British Columbia mengungkapkan bahwa pelajar mempunyai tingkat hormon kortisol yang tinggi jika guru mereka juga sedang mengalami stres.

"Guru yang mengalami tingkat stres yang tinggi akan tidak efektif dalam mengajar dan mereka tidak mampu mengelola kelas dengan baik. Selain itu guru juga tidak bisa berhubungan dengan murid dengan baik. Akibatnya, kepuasan mereka dalam mengajar juga akan menurun," papar Eva Oberle yang melakukan penelitian itu.

Inilah penelitian yang mencoba menghubungkan antara stres yang dialami guru dengan stres yang dialami pelajar asuhan para guru itu. Stres akibat beban kerja ternyata berhubungan dengan kesuksesan mereka dalam mengajar dan menyebabkan sakit. Jika yang mengalami stres adalah seorang dokter, maka pasiennya pun akan terpengaruh oleh stres itu.

"Guru mempunyai banyak peran saat mengelola kelas yang berisi pelajar SD. Guru menjadi mentor, teladan dan sekaligus pengganti orang tua. Tidak mengherankan jika pelajar yang menghabiskan banyak waktu di sekolah dengan berinteraksi bersama guru mereka akan terpengaruh oleh stres yang dialami oleh gurunya," ujar peneliti seperti diwartakan ScienceDaily.

Guru yang stres mungkin juga akan kesulitan dalam mendapatkan dukungan pemulihan gangguan kejiwaannya itu. Akibatnya, tingkat stres pelajar bisa meningkat.

Untuk info terbaru lainnya, bisa kunjungi laman    DISINI

Sumber : beritagar

Demikian info yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manafatnya untuk kita semua............

0 Response to "PENTING UNTUK DIKETAHUI SEMUA GURU, STRES BISA MENULAR DARI GURU KE SISWA"

Post a Comment