PLT KETUA UMUM PGRI : BANYAK KEBIJAKAN RUGIKAN PROFESI GURU

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,,,,, Selamat siang rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, siang ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai............

Profesi guru di Indonesia masih diusik oleh berbagai persoalan yang menimbulkan keprihatinan mulai dari tindakan main hakim sendiri hingga kebijakan dan aturan bagi guru yang merugikan, kata Plt Ketua Umum PGRI Unifah Rasyid.

Click Download to save this image

"Beberapa pekan terakhir kita mendengar sejumlah kasus tindakan main hakim sendiri serta guru penangkapan guru saat sedang bertugas menjadi keprihatinan tersendiri bagi kami," kata Unifah yang didampingi pengurus PGRI Abduh Zen, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (22/06/2016).

Dikatakannya, PGRI menaruh harapan besar pada institusi Polri, karena PGRI telah menjalin kerja sama dengan Polri untuk perlindungan profesi guru sehingga ke depan diharapkan tidak ada lagi cara-cara penangkapan seperti di beberapa kasus yang terjadi.

Lebih lanjut terkait kebijakan dan aturan yang merugikan guru, Unifah mengatakan respon positif dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terhadap sejumlah aturan yang menghambat ternyata tidak sejalan dengan kenyataan di lapangan.

Sebagai contoh Mendikbud Anies Baswedan memberi respon positif terhadap lambatnya proses adminstrasi terkait pencairan tunjangan guru untuk dipercepat, namun di lapangan sikap mendikbud tidak didukung bawahannya.

Unifah mengatakan persoalan yang dihadapi anggota PGRI di seluruh propinsi luar biasa beragamnya. "Isu terbaru terkait rencana pemerintah untuk menerapkan sertifikasi berbayar dan rencana pemotongan Tunjangan Profesi Guru (TPG) sebesar 5 persen untuk pelatihan guru." Sementara persoalan lain masih membelenggu guru, seperti guru honorer, kualifikasi akademik, kewajiban guru mengajar 24 jam, rasio guru dan murid, tarik menarik kewenangan pengelolaan SMA/SMK dan seterusnya.

Ia mengatakan secara historis terbentuknya Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan merupakan kesepakatan PGRI, Komisi X DPR RI dan Kemdikbud untuk mengatur tata kelola guru agar efektif.

Sayangnya, belakangan ini berbagai persoalan guru justru lahir akibat kebijakan-kebijakan dari pengelola guru yang diatur secara teknis administratif yang menjadikan guru bukan sebagai simpul yang menggerakkan perubahan melainkan sub ordinasi yang meletakkan guru hanya sebagai objek ketimbang subyek utama dalam peningkatan mutu pendidikan, katanya.

"Guru dan tenaga kependidikan memerlukan ketenangan bekerja, kepastian memperoleh haknya, namun dengan aturan dan kebijakan yang sering tidak konsisten telah mengganggu kerja seorang guru," tambahnya.

Sumber : rimanews

Untuk info guru terbaru lainnya, bisa kunjjungi laman   DISINI

Demikian info yang dapat kuambil.com berikan, smeoga ada manfaatnya untuk kita semua...........

0 Response to "PLT KETUA UMUM PGRI : BANYAK KEBIJAKAN RUGIKAN PROFESI GURU"

Post a Comment