REVISI KURIKULUM 2013 DIJAMIN MEMUDAHKAN GURU DAN SETELAH GURU DILATIH MULAI AGUSTUS AKAN DIDAMPINGI TIM PENDAMPING

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,,, Selamat pagi rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, pagi ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai...........

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengklaim ‎revisi Kurikulum 2013 lebih memudahkan para guru. Khususnya dalam penilaian terhadap siswanya.

"Kalau sebelumnya guru matematika harus menilai sikap spiritual dan sikap sosial semua siswa, sekarang tidak. Tugas itu dilakukan guru Agama dan Budi Pekerti serta guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) secara langsung," ujar Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kemendikbud Tjipto Sumadi, Kamis (16/6).


Menurut Tjipto, tugas menumbuhkan karakter positif siswa menjadi tanggung jawab bersama. Guru matematika jika melihat ketidakjujuran anak, tidak bisa mengatakan itu tugas guru agama dan guru PPKn saja. Itu tetap menjadi tanggung jawab semua.

Terkait dengan implementasi Kurikulum 2013, Tjipto mengatakan Kemendikbud melakukan pelatihan instruktur secara berjenjang. Pelatihan instruktur dimulai dari narasumber nasional, kemudian instruktur provinsi dan selanjutnya instruktur daerah.

"Guru setelah dilatih, nanti mulai Agustus atau September paling lambat akan didampingi tim pendamping," ujarnya.

Tim pendamping tidak didatangkan dari pusat tapi memberdayakan sumber daya manusia dari masing-masing daerah.

"Kami dorong agar tim pendamping kurikulum yang terdiri atas pengawas dan tim yang sudah terbentuk selama ini dari tiap daerah sebagai tokoh sentral. Jadi tidak tergantung dari pusat," kata Tjipto yang juga dosen Universitas Negeri Jakarta tersebut.

Tahapan implementasi Kurikulum 2013 sesuai kesepakatan Kemendikbud dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan dilaksanakan secara bertahap. Dia mengatakan, sebelumnya sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 sebanyak 6%, lalu sekarang tambah 19% menjadi 25%.

“Nanti kami naikkan lagi 35% menjadi 60%. Sehingga pada 2018/2019 implementasinya ditargetkan sudah 100%," pungkas Tjipto.

Sumber : jpnn

Untuk info terbaru lainnya, bisa kunjungi laman    DISINI

Demikian info yang dapat kuambil.com berikan,semoga ada manfaatnya untuk kita semua..................

0 Response to "REVISI KURIKULUM 2013 DIJAMIN MEMUDAHKAN GURU DAN SETELAH GURU DILATIH MULAI AGUSTUS AKAN DIDAMPINGI TIM PENDAMPING"

Post a Comment