Iklan

CATAT ! MOS MAKSIMAL 3 HARI DAN DIGANTI PLS TANPA SISWA SENIOR !

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua dan salam sejahtera untuk kita semua, malam ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,,

Mencegah terulangnya insiden dalam pelaksanaan Masa Orientasi Sekolah (MOS) pada tahun ajaran baru 2016/2017, pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun mengeluarkan kebijakan baru.

Selain larangan kakak kelas menjadi panitia MOS, durasi kegiatan MOS juga dibatasi yakni maksimal hanya tiga hari dan di hari sekolah.


Aturan berikutnya, dilarang keras memberikan tugas kepada siswa yang tidak terkait dengan kegiatan akademik. ’’Seperti mengenakan atribut yang aneh-aneh. Itu tidak boleh,’’ jelasnya.

Kemudian untuk rekrutmen estrakurikuler, Anies mengatakan, harus mendapatkan izin dari orangtua. Panitia kegiatan wajib mendatangi dan menjelaskan kegiatan selama proses rekrutmen anggota baru ekstrakurikuler.

Anies mengatakan, selama kegiatan pengenalan dan rekrutmen anggota ekstrakurikuler itu, minimal wajib diikuti dua orang guru.

’’Jika selama kegiatan ada risiko kecelakaan, guru pendamping ekstra kurikuler wajib menjelaskan juga ke orangtua,’’ katanya.

Praktisi perlindungan anak Seto Mulyadi mendukung kebijakan Kemendikbud itu. Dia mengatakan sekolah itu sebagai wahana pembelajaran. Dia sangat tidak ingin ada praktek-praktek kekerasan di lingkungan sekolah.

’’Termasuk pada saat MOS atau pengenalan lingkungan sekolah untuk siswa baru,’’ tuturnya.

Dia tidak ingin upaya serius pemerintah menghapus kekerasan di lingkungan sekolah, justru dicederai oleh orang-orang internal sekolah. Baik itu kakak kelas atau guru. Dia berharap pemerintah daerah dengan seksama mengawal regulasi baru dari Kemendikbud itu.

Pendidikan lingkungan sekolah (PLS).

PLS merupakan agenda baru untuk mengenalkan siswa baru kepada sekolah, lingkungan dan karakter siswa baru. Jadi tidak ada lagi perpeloncoan yang merupakan kebiasaan lama tersebut.

PLS merupakan program baru untuk mengantikan MOS (Masa Orientasi Sekolah). Tetapi ada perbedaannya, yang terlibat dalam kegiatan PLS murni ini dari guru pengajar sekolah.

“Jadi tidak ada melibatkan siswa-siswi senior seperti MOS, murni di tangani oleh guru-gurunya di sekolah, jadi lebih aman dan tidak ada perpeloncohan yang berdampak negatif,”katanya.

Untuk info terbaru lainnya, bisa kunjungi laman    DISINI

Sumber : pojoksatu

Demikian info yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua.............

2 Responses to "CATAT ! MOS MAKSIMAL 3 HARI DAN DIGANTI PLS TANPA SISWA SENIOR !"

  1. Enak yah anak2nya yg sdh bisa diterima disekolah negeri..kalo anak saya sampai saat ini belum diterima krn persaingan Nemnya yg sangat tinggi...mau masuk swasta mahal...masa hrs putus sekolah..hari ini yg terakhir daftar utk pendaftaran yg ke 3, tapi msh belum....

    ReplyDelete
  2. itu artinya membelenggu siswa senior untuk berkreasi. miris bangat....

    ReplyDelete

Iklan