Iklan

NYATA TERJADI ! INI DIA SEKOLAH TANPA GURU

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,, Selamat siang rekan-rekan guru semua dan salam sejahtera untuk kita semua, siang ini kuambil.com akan membagikan berita mengenai,,,,,

Guru, tak semuanya membanggakan. Selalu saja ada nila setitik yang merusakkan susu sebelanga. Lihat saja berita ironi dari Jambi ini. Bisa-bisanya ada sekolah, ada siswa, tapi gurunya entah ada di mana. Bagaimana mungkin, enam bulan lamanya sekolah yang telah berdiri sejak lama itu tidak ada guru. SMPN 4 Rantau Pandan, Desa Leban, Kabupaten Bungo. Di sekolah yang awalnya merupakan sekolah satu atap inilah puluhan siswa telantar, atau tepatnya ditelantarkan. 


Cerita teman yang melaporkan berita ini, dulu SMP ini gabung dengan SD negeri. Baru pada tahun 2009, SD dan SMP ini berdiri sendiri. Walhasil, perlahan, guru yang mengajar di sana memilih mengajar di SD. Mau tahu berapa orang yang tesisa sekarang? 

Hanya 3 orang yang berstatus PNS. Satu kepala sekolah, satu Tata usaha, dan satu lagi petugas sekolah. Beberapa guru honor yang ditugaskan di SMP yang berjarak 30 kilometer dari Kota Muara Bungo, ibukota Kabupaten Bungo itu pun entah bagaimana ‘mundur teratur’, entah tak digaji atau gajinya tak sesuai pengharapan. Seperti diberitakan tribunjambi.com , kini sudah enam bulan siswa di sana tak belajar. 

Mereka tetap datang ke sekolah, kendati tak mendapati guru yang katanya pahlawan tanpa tanda jasa itu (Oh tuhan, padahal bapak ibu mertuaku guru, syahdan demikian istriku). 

Aneh bukan? Bahkan kata teman yang menuliskan berita ini, kepala sekolah pun sangat jarang-untuk mengatakan tidak pernah-ke sekolah. Provinsi Jambi dengan 11 kota dan kabupatennya secara geografis, kepadatan penduduk sangat jauh dibanding Pulau Jawa. 

Acap sekali sekolah-sekolah di desa terpencil tak dilirik oleh para guru. Memang tak semua seperti itu, tapi tentu tidak semua juga yang tulus dan menjalankan tugasnya secara benar. Dalam artian, rela ditempatkan di tempat terpencil di pelosok. Beberapa teman juga pernah melaporkan, banyak sekolah yang kekurangan guru. Setelah ditempatkan mereka mengajukan pindah ke ibukota atau tempat yang aksesnya relatif terjangkau. Ironisnya, pejabat di dinas terkait tetap saja menyetujuinya. Lalu siapa yang salah? Guru yang menceerdaskan bangsa, di mana dia?

Sumber : kompasiana

Demikian info yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua.............

0 Response to "NYATA TERJADI ! INI DIA SEKOLAH TANPA GURU"

Post a Comment

Iklan