Iklan

WOW,,, SIDAK KEGIATAN MPLS , IRJEN KEMDIKBUD "JEWER" KEPSEK SMA 5

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua dan salam sejahtera untuk kita semua, malam ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai,,,,,

Sumber  gambar : kaltim.prokal.co

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemdikbud Daryanto merasa geram karena menemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh pihak SMA 5 Karawang saat pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Selasa (19/7). Pelanggaran tersebut didapatinya saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan pukul 05.00 WIB. 



"Mengapa saya diam-diam sudah berada di sekolah ini sejak subuh tadi, karena saya terima aduan dari orangtua siswa kalau anaknya diperintahkan datang ke sekolah jam 05.00 WIB. Ternyata benar, anak-anak sudah datang di sekolah, padahal kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB," terang Daryanto, saat ditemui Kaltim Post di sela sidak.

Tak hanya itu saja, Daryanto pun sempat melihat beberapa siswa baru datang ke sekolah dengan membawa tanaman anggrek dan tanaman apotek hidup. Menurutnya, hal ini tidak sesuai dengan Permendikbud no.18 tahun 2016 yang mengatur kegiatan MPLS. "Benar saja, ternyata pas saya tanya siswanya, dia menjawab diperintahkan dari sekolah," kata Daryanto. 

Tak perlu waktu lama, akhirnya Irjen langsung menemui Kepala SMA 5 Karawang, Agus Setiawan, Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Dety Yulianty, dan Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan Wida Widyawati yang juga selaku Ketua Panitia MPLS SMA 5 Karawang. "Tolong saya minta daftar rincian kegiatan MPLS selama 3 hari ini," pinta Daryanto kepada Kepsek SMA 5 Karawang, Agus Setiawan. 

Setelah membaca rincian kegiatan MPLS, Daryanto mengoreksi beberapa kegiatan yang dianggap tidak perlu. Di antaranya, membersihkan ruang kelas, kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah dan ramah-tamah perkenalan dengan OSIS/MPK. "Ini kegiatannya tolong dipadatkan saja. Kegiatan ini terlalu lama bahkan sampai melewati batas jam sekolah. Tolong direvisi dan saya minta salinannya juga ya," tegasnya.

Jam sekolah di SMA 5 Karawang ini seharusnya berlangsung mulai pukul 07.00 - 14.00. 
Adanya kondisi ini, Daryanto meminta kepada Kepsek dan Dinas Pendidikan setempat untuk segera melakukan perbaikan. Katanya, jangan sampai  ada tekanan atau hal-hal yang menyulitkan siswa baru. "Misalnya, datang jam 05.00 WIB. Praktis dari jam 05.00-05.00 WIB tidak ada guru atau siswa yang diperbantukan menangani siswa-siswa baru ini," ujar Daryanto.

Masih di tempat yang sama, Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Dety Yulianty mengakui bahwa perintah untuk membawa tanaman adalah dari dirinya yang kemudian diteruskan kepada OSIS. Hanya saja, Dety membantah jika jenis tanamanya ditentukan. "Kalau diperintahkan bawa tanaman memang benar, karena sekolah kami punya program eco green. Kami punya misi kok, tidak asal memerintahkan begitu saja. Kami ingin murid baru ini ada sense of belonging atas sekolah ini. Tapi kalau untuk jenisnya tidak ditentukan bunga anggrek. Boleh tanaman hias lainnya," terang Dety.

Tapi pernyataan Dety pun langsung dibantah tegas oleh Kepsek Agus Setiawan. Dikatakan, pihaknya tidak pernah ada perintah sekalipun agar siswa membawa tanaman atau barang apapun. "Jujur, ini saya yang salah. Saya yang tidak mengoreksi ke bawah. Saya benar-benar tidak tahu ada perintah membawa bunga seperti ini. Kalau memang mau ada program penghijauan, kami ada anggarannya yang disisihkan dari dana BOS. Tapi bukan meminta kepada siswa seperti ini," bantahnya tegas yang nampaknya kecewa dengan pernyataan Dety.

Sikap Agus ini juga turut diapresiasi oleh Irjen Kemdikbud Daryanto. "Pak Agus hebat, berjiwa kesatria berani mengakui kesalahannya dan bertanggung jawab," terang Daryanto dalam sambutannya dalam upacara sebelum kegiatan MPLS di SMAN 5 Karawang dimulai.

Untuk informasi terbaru lainnya, bisa kunjungi laman    DISINI

Sumber :  prokal

Demikian berita dan informasi yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua,,,,,,,,,

0 Response to "WOW,,, SIDAK KEGIATAN MPLS , IRJEN KEMDIKBUD "JEWER" KEPSEK SMA 5"

Post a Comment

Iklan