Iklan

SOAL FULL DAY SCHOOL , KPAI : MENTERI BARU TIDAK HARUS MEMBUAT KEBIJAKAN BARU YANG MERUGIKAN ANAK !

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua dan salam sejahtera unutk kita semua, malam ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai.........

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Asrorun Ni`am Sholeh mengatakan penerapan belajar sehari penuh di sekolah atau "full day school" yang diwacanakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy perlu dikaji secara utuh.


"Menteri baru tidak harus membuat kebijakan baru, apalagi tanpa didahului kajian yang matang. Akibatnya justru akan merugikan anak," kata Ni`am melalui pesan tertulis di Jakarta, Selasa.

Ni'am mengatakan kebijakan pendidikan, apalagi yang bersifat nasional, tidak bisa didasarkan pada pengalaman orang per orang. Pengambilan kebijakan nasional tidak boleh sepotong-sepotong, hanya berdasarkan pengalaman pribadi.

"Kebijakan yang diambil akan berdampak sangat luas. Jadi perlu kajian utuh," ujarnya.

Menurut Ni`am, masing-masing siswa memiliki kondisi yang berbeda. Siswa satu dengan lainnya tidak bisa disamaratakan. Menghabiskan waktu dengan durasi panjang di sekolah dapat mengganggu hubungan sosial anak.

Anak-anak memerlukan hubungan sosial dengan teman-teman sebayanya di sekolah, lingkungan tempat tinggal dan keluarga di rumah. Wacana kebijakan "full day school" akan menyebabkan waktu pertemuan anak dengan orang tua juga berkurang.

Apalagi, tidak semua orang tua bekerja keluar rumah. Ini akan berpengaruh dalam proses tumbuh kembang anak. Masing-masing keluarga memiliki kondisi yang berbeda, tidak bisa disamaratakan.

"Tidak semua orang tua bekerja. Artinya, jangan dibayangkan kondisi seluruh orang tua di Indonesia hanya dialami oleh Mendikbud. Kebijakan nasional harus didasarkan kepada kajian yang utuh," tuturnya.

Untuk info guru lainnya, bisa kunjungi laman    DISINI

Sumber : harianterbit

Demikian berita yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua..........

0 Response to "SOAL FULL DAY SCHOOL , KPAI : MENTERI BARU TIDAK HARUS MEMBUAT KEBIJAKAN BARU YANG MERUGIKAN ANAK !"

Post a Comment

Iklan