Iklan

GURU WAJIB TAHU, INI DI KETENTUAN MODA GURU PEMBELAJAR YANG DILIHAT DARI NILAI RAPORT UKG 2015

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua dan salam sejahtera untuk kita semua, malam ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,,

Hasil UKG atau Uji Kompetensi Guru  pada 9-27 November tahun 2015 yang lalu  sudah disampaikan kepada pihak terkait di daerah, khususnya Dinas Pendidikan kabupaten/kota, dan tentunya juga kepada masing-masing guru yang bersangkutan sebagai rapor sekaligus sebagai dasar mengikuti program guru pembelajar yang jadwal kegiatannya ditentukan kemudian.

Hasil gambar untuk MODA DARING

Nilai yang diperoleh dari UKG bagi guru sangat penting dan berarti karena menyangkut mutu keprofesian diri seorang guru. Bagaimana tidak?  Mutu seorang guru atas profesi yang disandangnya menjadi ‘taruhan’ dengan hasil atau rapot UKG yang telah keluar dan disampaikan kepada berbagai pihak stakeholder pendidikan.

Kalau selama ini guru selalu berpesan kepada anak didiknya agar belajar dengan sungguh-sungguh sehingga dapat mengikuti dan lulus Ujian Nasional (UN), maka kini guru juga mengalami kondisi yang sama seperti yang dihadapi oleh anak didiknya, hanya masalahnya tidak ada istilah “ lulus” dan “ tidak lulus”.bagi guru dalam UKG tersebut.

Rapot yang diperoleh guru dapat diakses langsung melalui laman http://sim.gurupembelajar.id  dengan menggunakan nomor peserta UKG yang dimiliki masing-masing atau memalui komunitas MGMP yang ada. Dalam laman tersebut akan ditampilkan rapot guru yang berupa tabel kemampuan atau kompetensi yang sudah dipenuhi atau belum memenuhi.

Ada 10 kompetensi yang diukur dalam UKG dan dipaparkan dalam rapot tersebut. Bagi guru yang belum memenuhi kompetensi akan mengikuti  program Guru Pembelajar. Program Guru Pembelajar atau GP adalah sebutan untuk guru yang menjadi peserta pembelajaran.

Hal ini didasarkan pada prinsif pengembangan keprofesian yang berawal dari guru itu sendiri, bukan dari luar guru. Dalam program Guru Pembelajar  ada beberapa istilah yang dipakai, seperti Daring, yang berarti dalam jaringan, yaitu pengganti istilah online, jadi Daring adalah online. Kemudian Luring, atau Luar Jaringan, yang merupakan pengganti istilah offline , maka Luring sama dengan offline.

Ada 3 jenis atau moda kegiatan Guru Pembelajar yang akan diikuti oleh guru pasca penyampaian hasil UKG tahun 2015 tersebut. Ada moda daring (dalam jaringan) , moda kombinasi (daring dan tatap muka), dan ada moda tatap muka.

Kegiatan guru pembelajar tersebut didasarkan oleh hasil UKG yang telah diimpelemtasikan dalam bentuk ‘rapot’ sehingga diketahui moda kegiatan guru pembelajar apa yang diikuti oleh masing-masing guru.

Ketentuan moda Guru Pembelajar tergantung dengan kompetensi yang telah atau belum dicapai saat UKG. Jika warna   merah  antara 8-10 , maka guru mengikuti kegiatan tatap muka penuh ; jika wrna merah  antara 6-7, maka kegiatan Guru Pembelajar secara kombinasi antara tatap muka dan Daring. Sedangkan jika warna merah , kegiatannya Daring.

Download Aplikasi Info Guru dan Pendidikan di HP Android Anda Untuk Dapatkan Berita Terupdate Setiap Hari >> https://play.google.com/InfoGuruPendidikan


Sumber : kalsel.prokal

Demikian informasi yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua........

0 Response to "GURU WAJIB TAHU, INI DI KETENTUAN MODA GURU PEMBELAJAR YANG DILIHAT DARI NILAI RAPORT UKG 2015"

Post a Comment

Iklan