SERTIFIKASI MAKIN SULIT ! MENDIKBUD NAIKKAN STANDAR NILAI KELULUSAN SERTIFIKASI GURU MENJADI 80

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,, Selamat siang rekan-rekan guru semua dan salam sejahtera untuk kita semua, siang ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai........

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan meningkatkan standar nilai syarat kelulusan dalam program sertifikasi guru yang melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Syarat mendapat sertifikat guru semakin tidak mudah.

Hasil gambar untuk muhadjir effendy

“Standar nilai kelulusan harus memenuhi angka 80 dari total 100. Kalau tahun lalu minimal 42 (sudah lulus),” kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemdikbud, Sumarna Surapranata, di Jakarta, Jumat (16/9).

Menurut Pranata, Kemdikbud akan menerapkan dua kebijakan baru dalam program sertifikasi guru melalui PLPG mulai tahun ini. Dua kebijakan baru itu adalah peningkatan batas nilai syarat kelulusan, dan ketentuan dapat mengulang ujian sertifikasi bagi guru yang tidak lulus ujian.

Kebijakan itu ditetapkan berdasarkan arahan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy setelah mendapatkan laporan dari Bank Dunia.

Pria yang akrab disapa Pranata itu menjelaskan, Bank Dunia merilis hasil penelitiannya yang menemukan data bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam nilai uji kompetensi guru (UKG) antara guru yang sudah tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi.

“Karena itu kami tingkatkan batas kelulusannya,” ujar Pranata.

Belajar Mandiri

Pranata menuturkan kebijakan baru yang kedua adalah ketentuan bahwa guru yang tidak lulus ujian sertifikasi dapat mengulang lagi untuk mengikuti ujian, tanpa perlu mengulang PLPG. “Tahun ini bisa mengulang (ujian), tidak perlu PLPG lagi, cukup belajar mandiri, yang kami gerakkan sebagai program guru pembelajar,” tuturnya.

Ia juga menambahkan guru cukup mengikuti PLPG satu kali. Jika guru tersebut tidak lulus ujian sertifikasi, dapat mengikuti ujian lagi maksimal empat kali tanpa harus mengulang PLPG. Ujian sertifikasi guru dilaksanakan dua kali dalam satu tahun.

Pengamat pendidikan dari Eduspec Indonesia, Indra Charismiadji, mengatakan peningkatan standar nilai kelulusan calon guru dari program PLPG akan sulit dipenuhi jika tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas LPTK itu sendiri. Sebab LPTK merupakan “pabrik” di mana calon-calon guru tersebut dicetak.



Download Aplikasi Info Guru dan Pendidikan di HP Android Anda Untuk Dapatkan Berita Terupdate Setiap Hari >> https://play.google.com/InfoGuruPendidikan


Sumber : koran-jakarta

Demikian berita yang dapat kuambil.com berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua........

0 Response to "SERTIFIKASI MAKIN SULIT ! MENDIKBUD NAIKKAN STANDAR NILAI KELULUSAN SERTIFIKASI GURU MENJADI 80"

Post a Comment