Iklan

HEBAT ! INI DIA TRIK LULUS UKG ONLINE DENGAN NILAI MEMUASKAN , BERDASARKAN PENGALAMAN NYATA !

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,,,,,, Selamat pagi rekan-rekan guru semua dan salam sejahtera untuk kita semua, pagi ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,,,,,,

Soal UKG pada dasarnya menanyakan sekitar apa yang kita laksanakan sehari-hari dalam melaksanakan tugas sesuai jenis profesi kita. Dapat dikatakan bahwa belajar untuk mengahadapi UKG sebearnya sudah kita lakukan setiap hari melalui kegiatan mengajar.

INILAH TRIK LULUS UKG ONLINE DENGAN NILAI YANG MEMUASKAN, BERDASARKAN PENGALAMAN NYATA

Karena profesi guru SD adalah guru kelas, soal UKG meliputi kompetensi pedagogik dan profesional untuk guru kelas 1 s.d. kelas 6. Guru yang pernah mengalami mengajar di setiap jenjang kelas tersebut, tentunya memiliki kesempatan lebih banyak untuk belajar secara tidak langsung dalam menghadapi UKG.Jika setiap mengajar kita selalu memahami konsep materi ajar, metode pembelajaran, dan teknik penilaiannya, insya Allah kita dapat mengerjakan soal UKG dengan baik. 

Hal yang bikin dongkol, ternyata ada beberapa soal yang salah. Beberapa rekan yang lulus UKG juga mengatakan hal yang sama. Kesalahan soal jelas terlihat pada materi matematika karena matematika ilmu pasti sehingga mudah ditebak letak kesalahannya. 

Kesalahan meliputi: salah ketik, tidak ada jawaban yang benar, dan soal yang tidak konsisten antara yang diketahui dan yang ditanyakan. Kesalahan soal kita maklumi saja, toh peserta UKG yang lain juga mengalami hal yang sama. Soal Ujian Nasional (UN) tahun lalu saja ada yang salah apalagi soal UKG yangjumlahnya banyak. 

Sewaktu kuliah dulu, saya bukanlah mahasiswa yang pandai tapi bisa lulus UKG.  Sementara teman kuliah dengan IP lebih tinggi bahkan cumlaude tidak lulus UKG. Dengan demikian mungkin saya dapat memberikan tips / kiat yang cocok bagi guru dengan kemampuan biasa seperti saya agar lulus UKG. Berikut kiat agar lulus UKG bagi guru kelas SD. 

1.Pelajari hal yang berhubungan dengan kompetensi pedagogik dan profesional sebagai guru kelas .

Belajar yang tepat sebenarnya dilakukan saat kita melaksanakan tugas PBM mulai dari merencanakan sampai mengevaluasi. Setiap kali kita mengajar, pelajari dengan cermat semua konsep materi ajar, strategi, metode, media, dan teknik penilaiannya! Dengan demikian tidak perlu belajar khusus untuk menghadapi UKG. 

Belajar secara khusus untuk menghadapi UKG dirasa tidak efektif. Belajar untuk memahami konsep itu butuh proses mulai dari tahu, analisis, sintesis, evaluasi, sampai kreatifitas. Kuliah S1 PGSD selama 4 tahun saja belum tentu menguasai semua konsep dasar materi pelajaran SD berikut MMP-nya, apalagi  belajar dengan waktu beberapa minggu. Seandainya kita ingin sekedar mengingat kembali, sebaiknya pelajari materi dari kelas I s.d. VI. Kalau tidak mungkin, cukup dari kelas IV s.d. VI. Soal UKG yang menyangkut kelas I adalah materi pedagogik. Materi pedagogik dan profesional untuk kelas IV s.d. VI. 

2.Jangan Hanya Belajar Berdasarkan Kisi-Kisi Soal Soal UKG 

Memuat materi yang seharusnya dipahami guru sesuai profesinya,tidak sekedar apa yang tercantum dalam kisi-kisi 

3.Persiapan Fisik dan Mental 

Mengingat cakupan materi soal UKG sangat luas, sebaiknya malam hari sebelum UKG kita istirahat yang cukup. Jangan belajar menjelang ujian! Belajar menjelang ujian justru membuat otak kita lelah sehingga kemampuan mengingat dan bernalar menjadi berkurang. 

4.Konsentrasi saat mengerjakan soal 

Kita tidak perlu menanyakan jawaban pada rekan sebelah. Menanyakan jawaban justru membuat kita ragu, dan mungkin juga rekan kita asal menjawab karena sedang sibuk sendiri. 

5.Atur waktu dengan baik 

Usahakan membaca soal dan berfikir cepat! Tentukan jawaban dengan cepat untuk soal yang mudah sehingga tersedia waktu yang cukup untuk soal yang perlu menghitung atau menggunakan wacana panjang. Jawablah semua soal walaupun ragu! Tulis nomor soal yang masih ragu sehingga kalau masih ada waktu dapat kita cek kembali. 

6.Jawablah semua soal

Jawablah semua soal walaupun soal salah! Soal yang salah dapat kita perkirakan kemungkinan letak kesalahannya. 

7.Do'a 

Kita hanya bisa berusaha, yang menentukan hanyalah Tuhan. Doa membuat kita tenang sehingga dapat mengerjakan soal dengan konsentrasi.

Download Aplikasi Info Guru dan Pendidikan di HP Android Anda Untuk Dapatkan Berita Terupdate Setiap Hari >> https://play.google.com/InfoGuruPendidikan


Demikian informasi yang dapat kuambil.com berikan, yang kami lansir dari kompasnesia , semoga ada manfaatnya untuk kita semua................

0 Response to "HEBAT ! INI DIA TRIK LULUS UKG ONLINE DENGAN NILAI MEMUASKAN , BERDASARKAN PENGALAMAN NYATA !"

Post a Comment

Iklan