Iklan

MENDIKBUD : GURU-GURU HARUS BERUBAH MENTAL DAN HARUS BERKERJA PROFESIONAL , JANGAN JADI TIM SUKSES !

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua dan salam sejahtera untuk kita semua, malam ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,,

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan menghadapi penerapan kebijakan baru pendidikan berbasis pembentukan karakter di tingkat sekolah dasar dan menengah, para guru harus merevolusi mental, bekerja secara profesional dan fokus, serta tidak rangkap-rangkap jabatan.

Hasil gambar untuk mendikbud
Gambar Ilustrasi

"Saya minta guru-guru harus berubah mental. Sekarang sebagian besar guru sudah mendapatkan tunjangan profesi, artinya guru-guru itu harus bekerja profesional, tidak asalan mengajar," kata Menteri Muhadjir dalam pengarahannya kepada sekitar 1.000 guru dan pegiat pendidikan se-Kabupaten Banggai, Sulteng, di Kota Luwuk, Jumat petang, Guru adalah pekerja profesional sehingga harus memiliki tanggung jawab sosial.

"Berikan yang terbaik untuk bangsa ini, jangan kerja seenaknya saja, merangkap macam-macam jabatan, termasuk menjadi tim sukses (dalam pilkada, red.). Jangan ada aktivitas lain selain mengajar," katanya.

Ia mengemukakan bahwa pemerintah telah mengeluarkan dana yang besar untuk membayar tunjangan profesi guru, yakni mencapai Rp72 triliun setiap tahun dan Rp142 triliun untuk membayar gaji guru. Anggaran pendidikan itu sebagian besar habis untuk membayar tunjangan dan gaji guru.

Oleh karena itu, katanya, kalau guru tak bekerja dengan baik, rusaklah bangsa ini karena yang menentukan masa depan bangsa adalah anak-anak yang sedang diajar guru saat ini.

Menteri menambahkan menghadapi penerapan pendidikan berbasis pembentukkan karakter di tingkat SD dan SMP, maka guru akan menjadi perhatian pertama untuk dibenahi dari berbagai aspek agar mereka tidak melakukan 'mal praktik' dalam mendidik.

"Kalau dokter yang 'mal praktik' misalnya salah menyuntik orang, maka korbannya hanya orang itu saja, tetapi bila guru yang salah mendidik, maka siswa sekelas akan menerima pendidikan yang salah, lalu kemudian siswa yang menerima pendidikan yang salah ini akan menyebarkan kepada orang lain secara turun menurun sehingga satu bangsa menjadi rusak," katanya.

Menteri Muhadjir berharap guru-guru lebih fokus untuk mengajar. Dalam sehari, guru harus berada di kelas/sekolahnya masing-masing selama delapan jam atau minimal 40 jam dalam sebulan.

"Tidak boleh lagi ada guru yang nyambi mengajar di sekolah lain hanya karena mau mencari tambahan jam mengajar untuk memburu pengumpulan kredit bagi kepentingan kenaikan pangkat. Mengumpulkan kredit untuk naik pangkat cukup mencari di sekolah masing-masing saja," ujarnya yang disambut tempuk tangan para guru.

Ia juga akan menghapus kewajiban membuat karya ilmiah untuk naik pangkat karena hal itu yang membuat banyak guru melakukan plagiat, menjiplak karya ilmiah orang lain hanya untuk memenuhi persyaratan naik pangkat.

Ke depan, katanya, guru cukup membuat laporan dari kegiatan-kegiatan yang dilakuannya di sekolah yang disusun dengan baik, cermat dan lengkap, serta orisinal sebagai hasil karya pribadi masing-masing, bukan hasil jiplakan atau dibuatkan oleh orang lain.

"Bagaimana guru sebagai pendidik dalam membentuk karakter siswa kalau karakter guru sendiri seperti itu. Guru harus merevolusi mental dan bekerja profesional," katanya.

Khusus para kepala sekolah, kata Menteri Muhadjir yang didampingi Sesjen Kemendikbud Didik Suhadi dan Bupati Banggai Herwin Yatim itu, tidak perlu lagi mengajar agar lebih fokus sebagai manejer di sekolah itu, untuk mengatur agar seluruh program pendidikan dan pengajaran bisa berjalan sesuai harapan.

Download Aplikasi Info Guru dan Pendidikan di HP Android Anda Untuk Dapatkan Berita Terupdate Setiap Hari >> https://play.google.com/InfoGuruPendidikan

Demikian informasi yang dapat kuambil.com berikan, yang kami lansir dari netralnews , semoga ada manfaatnya untuk kita semua...............

0 Response to "MENDIKBUD : GURU-GURU HARUS BERUBAH MENTAL DAN HARUS BERKERJA PROFESIONAL , JANGAN JADI TIM SUKSES !"

Post a Comment

Iklan