Iklan

MENDIKBUD : SEKOLAH 5 HARI RESMI DIBERLAKUKAN, KONTROL TERHADAP ANAK LEBIH TERJAMIN

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,,,,, Selamat pagi rekan-rekan guru semua dan salam sejahtera untuk kita semua, pagi ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai,.........

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengusulkan agar waktu sekolah pada anak menjadi lima hari. Artinya, pada Sabtu dan Minggu maka pelajar diliburkan dari kegiatan belajar mengajar.

Mendikbud: Sekolah lima hari, kontrol terhadap anak lebih terjamin
Gambar Ilustrasi
MENDIKBUD: SEKOLAH 5 HARI RESMI DIBERLAKUKAN, KONTROL TERHADAP ANAK LEBIH TERJAMIN

Mendikbud Muhadjir Effendy mengungkapkan, ada sejumlah dampak positif apabila kebijakan ini diterapkan dalam sistem pendidikan di Tanah Air. "Pertama kontrol pada anak lebih terjamin, khususnya perkotaan," ujarnya.

Tak hanya itu, dengan diliburkannya hari Sabtu dan Minggu, maka dengan waktu belajar lima hari di sekolah ke depan memungkinkan waktu belajar untuk penguatan pendidikan karakter. "(Juga) Penguatan implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS)," terangnya.

Lanjut Muhadjir, program sekolah lima hari juga menguatkan pada anak dalam penyaluran minat dan bakat. Belum lagi bisa memenuhi beban mengajar minimal.

"Ekuivalensi guru memiliki keterampilan dalam konteks pengembangan karakter. Misalnya, menari. (Sekolah lima hari) Peluang bagi orang tua dan masyarakat untuk berkontribusi dalam PPK terutama dalam kegiatan ekstrakurikuler. Anak (bisa) berwirausaha," jelasnya.

Sejumlah negara, kata Muhadjir, juga menerapkan lima hari sekolah, misalnya Amerika Serikat, Vietnam, Jepang dan Swedia.

Muhadjir menambahkan, pemberlakuan sekolah lima hari di luar negeri juga memberikan dampak positif mulai dari capaian akademik ikatan sekolah dan konsep diri meningkat hingga meningkatkan mutu pembelajaran dan pemerataan layanan pendidikan.

"Di Jepang, peningkatan prestasi akademis, kompetensi personal dan sosial serta anak lebih aman karena terawasi. Di Swedia, meningkatnya kemampuan literasi, kualitas kesehatan dan kebugaran, serta mengembangkan kompetensi sosial anak."

"Untuk pengalaman daerah yang menerapkan ada Kabupaten Purworejo, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Klaten, Kabupaten Semarang dan Kabupaten Payakumbuh," tuntasnya.

Download Aplikasi Info Guru dan Pendidikan di HP Android Anda Untuk Dapatkan Berita Terupdate Setiap Hari >> https://play.google.com/InfoGuruPendidikan

Demikian informasi yang dapat kuambil.com berikan, yang kami lansir dari merdeka , semoga ada manfaatnya unutk kita semua...............

1 Response to "MENDIKBUD : SEKOLAH 5 HARI RESMI DIBERLAKUKAN, KONTROL TERHADAP ANAK LEBIH TERJAMIN"

  1. Mulai banyak sekolah di Jepang yang mengembalikan menjadi sekolah 6 hari perminggu yg sebelumnya 5, sejak tahun 2013, dimulai di distrik Osaka, demikian pula di Amerika di negara bagian California. Kajian mereka anak lebih baik 6 hari daripada 5 hari. Kita malah latah dengan kajian yg sifatnya reaktif.

    ReplyDelete

Iklan