Iklan

MENDIKBUD : TOLONG PEMDA SEGERA CAIRKAN TPG , JANGAN DITUNDA-TUNDA !

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,, Selamat pagi rekan-rekan guru semua dan salam sejahtera untuk kita semua, pagi ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai,,,,,,

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan mempercepat pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) nonPNS triwulan keempat. Pemerintah daerah (Pemda) juga diminta segera mencairkan TPG bagi guru-guru PNS (pegawai negeri sipil).

Hasil gambar untuk mendikbud
Gambar Ilustrasi

Beda kewenangan antara Kemdikbud dan Pemda dalam urusan pencairan TPG sering kali membuat jadwal pencairan tunjangan tersebut tidak berbarengan. Pemerintah pusat dalam hal ini Kemdikbud berwenang atas pencairan TPG non PNS, sedangkan guru PNS berada di bawah pemerintah daerah.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Sumarna Surapranata mengatakan TPG untuk non PNS dipercepat, dan sudah mulai dicairkan sejak Senin (14/11) kemarin. “Sebenarnya kami bisa saja membayarkan pada Desember nanti, karena triwulan keempat memang ada di periode Oktober- Desember,” ungkapnya.

Namun pihak Kemdikbud sengaja mempercepat pencairan TPG, agar dapat menjadi contoh bagi pemda untuk juga segera mencairkannya. Pranata mengatakan, total anggaran untuk TPG non PNS tahun ini mencapai 6 triliun rupiah.

“Dibagi dalam empat gelombang, jadi masing-masing sekitar 1,5 triliun,” sebutnya. Sedangkan besar total anggaran TPG PNS tahun ini mencapai 69 triliun rupiah. Ia berharap pemda baik itu kabupaten maupun kota memberikan hak guru tersebut sebelum batas akhir pencairan, yakni 16 Desember 2016.

FSGI Mengapresiasi

Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listyarti mengapresiasi percepatan pencairan TPG yang dilakukan Kemdikbud pada triwulan keempat ini. Ia mengatakan pemda memang seringkali terlambat dalam mencairkan, dan sulit mengubah kebiasaan tersebut.

“Mungkin karena pemda tidak dapat apa-apa dari TPG,” paparnya. Ia mencontohhan, pencairan TPG di DKI Jakarta saja yang dekat dengan kantor Kemdikbud, pencairan TPG selalu di akhir periode. Setelah daerah-daerah lain selesai mencairkan TPG, guru di DKI baru memperoleh TPG.

“Saat ini pemda yang sudah mencairkan TPG untuk guru PNS adalah Pemkab Purbalingga,” jelasnya. Retno berharap pemda lain segera mengikuti Pemkab Purbalingga dalam hal pencairan TPG.

Sementara itu, pengamat pendidikan, Indra Charismiadji mengaku pesimistis jika pemda akan mengikuti langkah Kemdikbud dalam mempercepat pencairan TPG. Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, umumnya pemda lambat mencairkan TPG karena anggaran TPG digunakan keperluan lainnya. “Apalagi tahun ini ada program penghematan anggaran,” tutupnya.



Download Aplikasi Info Guru dan Pendidikan di HP Android Anda Untuk Dapatkan Berita Terupdate Setiap Hari >> https://play.google.com/InfoGuruPendidikan

Demikian informasi yang dapat kuambil.com berikan, yang kami lansir dari koran-jakarta semoga ada manfaatnya untuk kita semua...............

0 Response to "MENDIKBUD : TOLONG PEMDA SEGERA CAIRKAN TPG , JANGAN DITUNDA-TUNDA !"

Post a Comment

Iklan