Iklan

PENTING UNTUK DISIMAK ! INI DIA ATURAN RASIO MINIMAL JUMLAH MURID TERHADAP GURU

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,,,,, Selamat siang rekan-rekan guru smeua dan salam sejahtera untuk kita semua, siang ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai,,,

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan mengeluarkan surat edaran bernomor 36762/B.BI.I/GT/2016 yang berisi tentang Rasio Minimal Jumlah Peserta Didik Terhadap Guru. Isi surat edaran yang diterbitkan 24 Nopember 2016 itu adalah sebagai berikut:

Sehubungan dengan ketentuan Rasio Minimal Jumlah Peserta Didik berdasarkan pasal 17 peraturan pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang guru terkait dengan pembayaran tunjangan profesi, dengan ini kami sampaikan

Aturan Rasio Minimal Jumlah Murid Terhadap Guru
Gambar Ilustrasi

hal-hal sebagai berikut:

1. Ketentuan rasio dalam pasal 17 ayat 1 (satu) merupakan perbandingan jumlah peserta didik pada setiap 1 (satu) rombongan belajar dengan 1 (satu) guru yang mengampu rombongan belajar tersebut pada setiap satuan pendidikan.

2. Ketentuan angka 1 diatas, bagi satuan pendidikan yang tidak memenuhi ketentuan rasio peserta didik terhadap guru sebagaimana dimaksud pasal 17 ayat 1 (satu) dan tidak mempunyai rombongan belajar paralel, tetap dibayarkan tunjangan profesinya.

3. Jika terdapat kelas paralel, maka masing-masing rombel harus memenuhi rasio peserta didik terhadap guru sebagaimana dimaksud pada pasal 17 ayat 1 (satu).

4. Aturan pada angka 1,2 dan 3 diatas tidak berlaku bagi satuan pendidikan khusus dan satuan pendidikan layanan khusus . oleh karena itu guru pada satuan pendidikan tersebut tetap berhak atas tunjangan profesi.

Baca juga: Guru Resah Uang TPG Akan Dihentikan Karena Ini

Perlu diketahui, syarat detil untuk dapat menerima tunjangan profesi diatur dalam peraturan pemerintah (PP) nomor 74 tahun 2008 tentang Guru. Dalam PP tersebut, ketentuan rasio murid memang diatur dalam Pasal 17 yang dapat dikelompokkan menjadi tiga:

a. Rasio murid-guru 15:1 bagi TK/RA, MI, MTs, MA, dan SMK
b. Rasio murid-guru 20:1 bagi SD, SMP, SMA
c. Rasio murid-guru 12:1 bagi MAK.

Download Aplikasi Info Guru dan Pendidikan di HP Android Anda Untuk Dapatkan Berita Terupdate Setiap Hari >> https://play.google.com/InfoGuruPendidikan

Demikian informasi yang dapat kuambil.com berikan, yang kami lansir dari sekolahdasar , semoga ada manfaatnya untuk kita semua...........

0 Response to "PENTING UNTUK DISIMAK ! INI DIA ATURAN RASIO MINIMAL JUMLAH MURID TERHADAP GURU"

Post a Comment

Iklan