Iklan

PRIORITAS GURU ADALAH MENGAJAR DAN MENDIDIK SISWA BUKAN MENGURUS TUGAS ADMINISTRASI, SETUJU?

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua dan salam sejahtera untuk kita semua, malam ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,,,,,

Para Kepala Sekolah (Kepsek) dan guru-guru mendapat peringatan dalam menjalankan tugasnya. Tetap fokus mendidik dan membina para siswa, ditegaskan untuk menjadi prioritas utama.

Gambar Ilustrasi

Ungkapan itu, didendangkan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kecamatan Tuminting Dinas Pendidikan Kota Manado, Ricky Pedah. Ia mengingatkan agar tetap menaruh perhatian dalam pembinaan siswa.   “Mengingat tidak lama lagi tahun ajaran 2016 akan segera berakhir, maka guru harus fokus untuk menatap kegiatan belajar mengajar (KBM) di tahun ajaran yang baru 2017,“ katanya kepada Wartawan, Selasa (15/11) kemarin.

Dijelaskanya lagi, jangan sampai ada guru yang belum siap untuk mengajar di tahun ajaran yang baru 2017. “Jika didapati ada guru yang belum siap mengajar, di tahun ajaran yang baru tahun 2017, maka akan diberikan sanksi yang tegas,“ terangnya.

Untuk itu, sebagai Kepala UPT Kecamatan Tuminting, Pedah mengharapkan, para guru sudah harus menyiapkan persiapan yang matang di tahun ajaran baru 2017.

“Sehingga program Pemerintah Kota Manado mewujudkan Manado Cerdas dan Program Pemerintah Sulut (Sulawesi Utara) Hebat akan terwujud dengan begitu baik. Jika para guru-guru sudah mempersiapkan akan program- progaram di tahun ajaran 2017 dengan baik dan benar,“ tutupnya.


Guru tidak hanya melaksanakan tugas untuk mengajar. Sebelum mengajar, guru mempersiapkan berbagai perangkat pembelajaran secara tertulis maupun tidak tertulis. Perangkat mengajar tertulis ini penting karena menjadi bukti fisik guru telah melaksanakan penyusunan program pembelajaran.

Ada sekitar 11 butir perangkat pembelajaran yang harus dimiliki guru. Di antaranya adalah program tahunan, program semester, analisis materi pelajaran dan silabus, rencana pembelajaran, dan lain-lain. Segala persiapan tertulis ini dibuat oleh guru pada awal tahun pembelajaran atau awal semester. 

Yang sering membuat guru kusuk kasak adalah menyiapkan semua perangkat mengajar. Dilihat sepintas, apalah susahnya membuat perlengkapan administrasi mengajar tersebut. 

Namun faktanya, di awal tahun pelajaran atau tiap semester, atau tiap ada pemeriksaan administrasi guru. Guru bisa begadang sampai larut malam.

Berdasarkan analisa beban mengajar guru sertifikasi tersebut dapat disimpulkan bahwa guru profesional Indonesia cukup sibuk dengan kegiatan pendidikan di sekolah. Bahkan kesibukan itu berlangsung sampai ke rumah masing-masing guru. 

Tentu saja hal ini akan membutuhkan kebugaran fisik yang memadai. Jika tidak, guru akan mengalami kelelahan dan jatuh sakit.

Waktu guru bersama keluarga tidak lagi seperti sebelumnya. Artinya, waktu guru bersama keluarga semakin berkurang. Semakin tersita oleh kegiatan pendidikan di sekolah. 

Tentu saja, besar harapan semua guru dapat menyeimbangkan waktu untuk tugas dan keluarga. Jika tidak pandai membagi waktu, bukan hal yang mustahil akan mengganggu stabilitas rumah tangga.



Download Aplikasi Info Guru dan Pendidikan di HP Android Anda Untuk Dapatkan Berita Terupdate Setiap Hari >> https://play.google.com/InfoGuruPendidikan

Demikian informasi yang dapat kuambil.com berikan, yang kami lansir dari infokemendikbud, semoga ada manfaatnya untuk kita semua.................

0 Response to "PRIORITAS GURU ADALAH MENGAJAR DAN MENDIDIK SISWA BUKAN MENGURUS TUGAS ADMINISTRASI, SETUJU?"

Post a Comment

Iklan