3 Modal Utama Yang Wajib Dimiliki Seorang Guru Profesional Menurut Mendikbud

Assalamualaikum wr wb dan Salam sejahtera untuk kita semua...

Kuambil.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menegaskan, pemerintah akan meningkatkan profesionalisme guru. Kebijakan ini ditempuh agar kompetensi guru meningkat, sehingga berimbas pada mutu pendidikan.

Hasil gambar untuk mendikbud muhadjir
Mendikud Muhadjir Effendy

"Mutu pendidikan akan bagus tergantung guru. Bila tenaga pendidiknya profesional, berkompetensi tinggi, otomatis mutunya juga meningkat," kata Muhadjir.

Digambarkannya, seorang guru harus memiliki tiga modal, yaitu keahlian sebagai pendidik, tanggung jawab sosial, serta semangat kesejawatan. 

"Tanggung jawab sosial seorang guru merupakan hal penting karena guru bukan sekadar pekerjaan namun panggilan jiwa," pesan mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini kepada para pengajar dan calon guru yang sedang belajar di Kolese Pendidikan Guru (KPG) Papua di Kabupaten Merauke. ‎

Bupati Merauke Frederikus Gabze menunjukkan perhatiannya pada isu pendidikan di daerah tapal batas. Pria yang akrab dipanggil Freddy itu mengungkapkan keseriusannya dalam memperluas akses pendidikan untuk anak-anak di pelosok, salah satunya melalui penyediaan guru. 

"Saya jamin lulusan KPG Papua akan menjadi guru-guru di daerah pelosok, daerah terpencil," ujarnya seraya disambut sorak sorai para calon guru.

Tunjangan profesi yang bertujuan menjadikan guru lebih semangat dan profesional, menurut dia, ternyata salah ditafsirkan oleh tenaga pendidik. "Dulu sebelum dia profesional sudah dikasih tunjangan supaya dia lebih profesional, ternyata lupa, dia menikmati tunjangan tapi tidak profisional juga," ujarnya. Sejak penetapan tunjangan profesi oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pesertanya hanya tujuh persen dari jumlah guru yang ada saat itu, sehingga APBN yang dikeluarkan untuk membayar tunjangan hanya Rp7 triliun.

 "Kepemimpinan Jokowi sekarang menanggung beban kebijakan Pak SBY dulu, sekarang menjadi Rp72 lebih triliun," kata Muhadjir. Ia menambahkan, dari total 3 juta guru yang ada, baru 61 persen yang mendapat tunjangan profesi sehingga jika memproyeksikan seluruh guru menerima tunjangan maka dana yang dikeluarkan oleh negara cukup besar.

(sumber: jpnn.com)

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kuambil.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat. Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI..!!!
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Modal Utama Yang Wajib Dimiliki Seorang Guru Profesional Menurut Mendikbud"

Post a Comment