Ini Perbandingan Jam Sekolah Di Berbagai Negara Dunia

Assalamualaikum wr wb dan Salam sejahtera untuk kita semua...

Kuambil.com - Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda soal pemberlakuan jam sekolah. Bahkan, setiap tingkatan seperti Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) juga memiliki jam belajar yang berbeda-beda. Dan, itu ternyata tidak menentukan kesuksesan penerapan pendidikan anak. 



Di Indonesia sendiri kebijakan waktu belajar siswa masih menjadi perdebatan. Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyatakan, kegiatan belajar-mengajar di semua tingkatan sekolah hanya akan berlangsung selama lima hari, Senin sampai Jumat. Sistem sekolah lima hari dalam sepekan itu mulai berlaku pada tahun ajaran 2017-2018.

Kebijakan baru itu secara otomatis meliburkan hari Sabtu. Keputusan berlaku bagi para siswa yang bersekolah di tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK), dan/atau sekolah yang sederajat.Baru-baru ini, 

Hal itu terkait dengan gagasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy soal full day school atau yang sekarang dikenal Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) untuk menekankan pada pendidikan karakter dan pengetahuan umum bagi siswa SD dan SMP.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah perbandingan durasi jam sekolah di beberapa negara maju dan juga efektivitas metode sistem pengajaran yang diterapkan sekolah di negara-negara ini. 

1. Finlandia

Finlandia mendapatkan predikat sebagai salah satu negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Uniknya, siswa sekolah di negara itu hanya berlajar selama empat hingga lima jam sehari. Metode pembelajarannya pun didominasi oleh permainan dengan jam istirahat yang juga panjang.

Untuk memasuki SD, siswa diwajibkan berusia tujuh tahun. Negara itu pun tidak memberlakukan Taman Kanak-kanak (TK) dan PAUD. 

Siklus waktu untuk SD, siswa akan belajar sekitar 30-35 menit dan 15 menit istirahat. Sedangkan untuk SMP, siswa akan belajar 40-45 menit kemudian 15 menit istirahat. Bahkan, siswa SMP dan SMA akan belajar mengikuti sistem layaknya kuliah.

Baca Selanjutnya Di Halaman 2
Klik 2

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Perbandingan Jam Sekolah Di Berbagai Negara Dunia"

Post a Comment