Kisah Remaja Gunungkidul Peraih Nilai Tertinggi UN SMP Tahun 2017

Assalamualaikum wr wb dan Salam sejahtera untuk kita semua...

Kuambil.com - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, mengumumkan kelulusan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kamis (1/5/2017).


Pemilik nilai tertinggi Ujian Nasional di Yogyakarta adalah Elisabeth Maria Indah Feiranti (15) siswa SMPN 1 Wonosari, Gunungkidul, dengan nilai UN 390,00.

Gadis kelahiran Bantul, 21 Maret 2002 memperoleh nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia 98,00; Bahasa Inggris 92,00; Matematika 100,00; dan IPA 100.00. Dia mengalahkan 51.023 siswa SMP/MTs mengikuti UN.

Remaja yang akrab disapa Elsa itu mengatakan, sejak masuk kelas IX dirinya mulai belajar. Meski demikian dirinya mengaku belajar tidak lama, dan biasanya di pagi hari.

"Belajar lama-lama malah ngantuk, pas senang belajar, ya belajar. Kalau enggak, ya enggak usah dipaksakan," katanya ditemui di rumahnya Jln Mayang no 65, Gadungsari, Wonosari Jumat (2/5/2917).

Di sela belajar, dirinya hobi membaca novel karangan Rick Riordan.

Sementara menjelang ujian, ia mengaku tidak melakukan persiapan khusus, karena dirinya cukup percaya diri sudah persiapan sejak masuk kelas XI.

"Kemarin sebelum ujian kami sekeluarga piknik," ucapnya.

Peraih Perunggu Olimpiade IPA Nasional yang berlangsung di Palembang, Sumatera Selatan tahun 2016 itu mengatakan, sudah diterima di SMA Kesatuan Bangsa Bilingual Boarding School Yogyakarta.

Sekolah yang dikenal memiliki banyak prestasi di olimpiade sains nasional maupun internasional itu memberinya beasiswa penuh.

"Setelah olimpiade, langsung ditawari masuk ke sana (SMA Kesatuan Bangsa Bilingual Boarding School)," ucapnya. 

Setelah lulus SMA, dia berharap bisa melanjutkan ke Institut Teknologi Bandung (ITB).  Putri kedua pasangan Arif Imanudin (48) dan Emi Susanti (48) itu ingin menjadi arsitek.

Arif, sang ayah, menceritakan,keseharian Elsa tidak berbeda dengan anak lainnya, mulai dari belajar, les hingga bermain.

Anak keduanya ini menurut dia, bukan tipikal orang yang belajar tekun, tetapi memilih mendengarkan dan mencari sumber yang lain.  Selain itu, Elsa juga terbiasa bermain bersama teman lainnya.

Dia mengaku memberikan kebebasan putra putrinya untuk memilih sesuai dengan keinginan buah hatinya.

"Dia hobinya membaca dan musik. Dia bisa piano dan biola untuk menyeimbangkan otak kiri dan kanan," kata Arif yang juga seorang pendidik di SMKN 2 Wonosari ini.

Dengan IQ 139, yang menurut artinya lebih cakap dalam membaca, mempunyai pengetahuan yang sangat baik tentang bilangan, perbendaharaan kata yang luas, dan cepat memahami pengertian yang abstrak.

Dan pada umumnya, faktor kesehatan, ketangkasan, dan kekuatan lebih menonjol dibandingkan anak normal.

"Saat pembelajaran dia (Elsa) memang cenderung kritis, kalau ada apa-apa itu dia cepat untuk bertanya," katanya.

Wali Kelas IX H, Asih Suwardiningrum Asih mengatakan, dalam keseharian Elsa lebih banyak diam.

"Saat bertemu saya pun hanya tersenyum,  banyak diamnya kalau di kelas dia sangat serius," ujarnya. 

Hari ini merupakan pengumuman kelulusan hasil UN SMP di sekolah. Tak seperti anak lainnya yang datang ke sekolah, sambil berharap cemas Elsa memilih bersama teman lainnya menunggu sambil bermain karena dirinya sudah dinyatakan siswa yang mendapatkan nilai tertinggi se DIY.

Sebagai informasi,  sebanyak 51.023 siswa SMP/MTs mengikuti UN dengan nilai rata-rata UN sebesar 248,43. Kota Yogyakarta meraih nilai rata-rata tertinggi 271,65, lalu peringkat kedua Sleman 255,65; Ketiga Kabupaten Bantul dengan 247,44; Di peringkat keempat Kulon Progo sebesar 240,58 dan Gunungkidul 224,38.

(sumber: kompas.com)

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kuambil.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat. Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI..!!!

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisah Remaja Gunungkidul Peraih Nilai Tertinggi UN SMP Tahun 2017"

Post a Comment