SEBANYAK 2.806 GURU TERIMA SK CPNS

Assalamualaikum wr wb dan Salam Sejahtera untuk kita semua...

Kuambil.com - Sebanyak 2.806 guru menerima Surat Keputusan Calon Pegawai Negeri Sipil (SK-CPNS) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Mereka akan bertugas minimal selama dua tahun untuk mengajar di sekolah yang berada di daerah terluar, terdepan dan terpencil. Para CPNS tersebut merupakan peserta tahap I program Guru Garis Depan (GGD) yang digulirkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasil gambar untuk honorer terima sk cpns
Gambar Ilustrasi

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Sumarna Surapranata mengatakan, mereka akan mulai bertugas pada Agustus depan. Menurut dia, masih ada 3.490 guru yang masih dalam proses administrasi untuk mendapatkan SK CPNS. “Yang sudah turun SK otomatis memiliki NIK (nomor induk pegawai) CPNS. Tapi belum tentu pasti bisa menjadi PNS. BKN akan menilai kinerja mereka untuk jadi PNS,” ujar Pranata, di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Ia menuturkan, peserta GGD yang belum menerima SK CPNS akan diproses pada tahap II. Semua guru tersebut ditempatkan di wilayah kabupaten seperti Aceh Selatan dan Sorong. Ia menegaskan, peserta GGD tidak mungkin dipindahkan ke kota. “Mereka mendaftar secara sukarela dan sudah tahu akan ditempatkan di daerah terpencil. GGD ini merupakan program prioritas Kemendikbud,” katanya.

Ia menjelaskan, sesuai dengan Nawa Cita Presiden Joko Widodo, distribusi guru diprioritaskan untuk wilayah terluar. Melalui kebijakan tersebut, pemerintah yakin warga di pelosok dan perbatasan dapat memiliki peluang besar untuk meningkatkan kualitas hidup dan pendidikan. “Program GGD ini juga untuk pemenuhan kebutuhan guru di daerah 3T yang mengalami kekurangan guru sehingga dapat memberikan layanan pendidikan secara optimal bagi para peserta didiknya,” ucapnya.

Proses penetapan NIK dan SK CPNS GGD tahap I ini berlangsung selama enam hari, dari 13-18 Juli 2017. Penyerahan SK secara simbolik diberikan kepada tujuh gubernur, dan 44 bupati, selaku pejabat pembinaan Kepegawaian masing-masing daerah. Turut dihadiri pejabat BKN, tujuh kantor regional BKN, tujuh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) provinsi, dan 44 BKD Kabupaten. 

SEJUMLAH pegawai negeri sipil (PNS) mengucap ulang saat pengambilan sumpah oleh Bupati Bandung Dadang Naser di Bale Sawala, Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bandung, Kecamatan Soreang, Senin (9/3/2015). Sebanyak 49 PNS diangkat dari kategori I terdiri dari
Percepatan CPNS

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, BKN berusaha mempercepat proses penetapan SK CPNS untuk GGD tahap I dengan menyatukan semua unsur yang terlibat. “Karena kalau (memproses) sendiri-sendiri waktunya bisa tidak mencapai untuk ditetapkan tanggal 1 Agustus. Kami sudah memutuskan terhitung mulai tanggalnya 1 Agustus 2017 supaya tidak mengganggu proses rekrutmen CPNS yang lain,” katanya.

Ia menuturkan, semua formasi CPNS yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) dan BKN dilakukan berdasarkan perhitungan kebutuhan.  “Jadi GGD, tenaga kesehatan PPT, dan penyuluh pertanian juga ditentukan dari perhitungan kebutuhan yang harus dihitung secara cermat, karena pemerintah sebenarnya masih menginginkan moratorium CPNS,” ujarnya.

GGD merupakan kebijakan afirmasi Kemendikbud berdasarkan data dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta usulan daerah. Guru yang ditugaskan sebagai GGD adalah guru profesional yang telah memiliki sertifikat pendidik, sesuai syarat dalam undang-undang serta telah melalui sejumlah proses penguatan kepribadian dan jiwa nasionalisme pada saat mengajar di daerah 3T.

(sumber: antaranews.com)

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kuambil.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat. Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI..!!!
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SEBANYAK 2.806 GURU TERIMA SK CPNS"

Post a Comment