URUSAN SERTIFIKASI BIKIN GURU TAK FOKUS MENGAJAR

Assalamualaikum wr wb dan Salam sejahtera untuk kita semua...

Kuambil.com - Terpuruknya mutu pendidikan dasar di Kabupaten Malang, mendapat respon serius pihak DPRD setempat. Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Malang, Kusmantoro Widodo, Selasa (25/7/2017) menjelaskan, tenaga pendidik rupanya terlena dengan adanya tunjangan sertifikasi. 

Gambar terkait
Gambar Ilustrasi

Mereka juga disibukan dengan mengurus administrasi sertifikasi guru. Agar kualitas pendidikan dasar tidak makin terpuruk, tenaga pendidik diminta tidak terlena dengan itu semua. Termasuk sertifikasi tunjangan guru.

“Idealnya dengan adanya tunjangan sertifikasi guru, maka harus diimbangi dengan kualitas pendidikan yang bagus, yaitu guru harus lebih aktif dalam memberikan dan mentransfer ilmunya kepada murid saat proses belajar mengajar. Tidak malah justru terkonsentrasi pada urusan administratif,” terangnya.

Kusmantoro menegaskan, dampak adanya tunjangan sertifikasi guru harusnya bisa memacu mutupendidikan menjadi lebih baik.  Ia berharap, guru menjadi tenaga pendidik yang bisa memaksimalkan Tugas pokok dan fungsi.

"Guru harus menjadi tenaga pendidik yang profesional dan memahami kurikulum dan memiliki semangat untuk memprestasikan siswa di masing masing sekolah," terang Kusmantoro.

Melihat fakta ini semua, Dinas Pendidikan tidak boleh menutup mata dengan kondisi kualitas pendidikan yang belum maksimal. Sebab itu, diknas harus meningkatkan profesionalisme guru, melalui Bimbingan teknis.

Sekadar diketahui, kualitas pendidikan dasar di wilayah Kabupaten Malang jauh dari harapan. Bahkan rangking hasil Ujian Nasional (UN) tahun ajaran tahun lalu, Kabupaten Malang berada pada peringkat 32 se-Jawa Timur. Ironisnya, peringkat lima besar dari bawah sudah bertahun-tahun disandang oleh Kabupaten Malang.  

"Kualitas pendidikan dasar yang masih belum maksimal itu akibat kurangnya profesionalisme dan perencanaan, serta dampak dari kebijakan pemerintah pusat, sehingga pengelolaan kurikulum dan ketersediaan guru belum memenuhi. Sertifikasi bisa jadi menjadi salah satu pemicunya," pungkasnya. 

Sumber: beritajatim.com)

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kuambil.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat. Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI..!!!
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "URUSAN SERTIFIKASI BIKIN GURU TAK FOKUS MENGAJAR"

Post a Comment