Alhamdulillah,,, Dana BOS Bakal Ditambah, Porsi Gaji Guru Honorer Diusulkan Naik

Kuambil.com - Assalamualaikum wr wb ,,,,,,,,,,,,,,, Selamat pagi rekan-rekan guru semua dimanapun berada,,,,,,,

Porsi gaji guru honorer di dalam postur dana bantuan operasional sekolah (BOS) dinilai terlalu kecil. Saat ini maksimal 15 persen dana BOS untuk gaji guru honorer. Pemerintah diminta menaikkan porsi gaji guru honorer di dalam komponen dana BOS hingga 30 persen.

Usulan itu mengemuka di tengah rencana Kemendikbud menaikkan satuan biaya (unit cost) dana BOS. Seperti diberitakan unit cost dana BOS untuk SD diusulkan naik dari Rp800 ribu/siswa/tahun menjadi Rp1 juta/siswa/tahun. 



Lalu untuk SMP naik dari Rp1 juta/siswa/tahun jadi Rp1,4 juta/siswa/tahun. Kemudian jenjang SMA/SMA yang sekarang Rp1,4 juta/siswa/tahun, naik jadi Rp1,6 juta/siswa/tahun untuk SMA dan Rp1,8 juta/siswa/tahun untuk SMK.

Wakil Ketua Komisi X DPR Ferdiansyah mengatakan, pemerintah boleh saja mengusulkan kenaikan dana BOS itu. Apalagi alasannya untuk mengimbangi inflasi. Sebagai catatan, dana BOS tidak pernah mengalami kenaikan sejak 2015 lalu.

Namun yang menjadi catatan Ferdiansyah adalah, pemerintah sebaiknya juga menaikkan porsi pembayaran gaji guru honorer dari dana BOS. Saat ini, dana BOS diperbolehkan untuk membayar gaji guru honorer hanya 15 persen. Menurutnya, porsi ini terlalu kecil. Apalagi di sekolah yang jumlah siswa dan guru honorernya sedikit.

Baca Selanjutnya Di Halaman 2  DISINI

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alhamdulillah,,, Dana BOS Bakal Ditambah, Porsi Gaji Guru Honorer Diusulkan Naik"

Post a Comment