PAGES 2 PRIORITAS GURU ADALAH MENGAJAR DAN MENDIDIK SISWA BUKAN MENGURUS TUGAS ADMINISTRASI, SETUJU?

Guru tidak hanya melaksanakan tugas untuk mengajar. Sebelum mengajar, guru mempersiapkan berbagai perangkat pembelajaran secara tertulis maupun tidak tertulis. Perangkat mengajar tertulis ini penting karena menjadi bukti fisik guru telah melaksanakan penyusunan program pembelajaran.

Ada sekitar 11 butir perangkat pembelajaran yang harus dimiliki guru. Di antaranya adalah program tahunan, program semester, analisis materi pelajaran dan silabus, rencana pembelajaran, dan lain-lain. Segala persiapan tertulis ini dibuat oleh guru pada awal tahun pembelajaran atau awal semester. 

Yang sering membuat guru kusuk kasak adalah menyiapkan semua perangkat mengajar. Dilihat sepintas, apalah susahnya membuat perlengkapan administrasi mengajar tersebut. 

Namun faktanya, di awal tahun pelajaran atau tiap semester, atau tiap ada pemeriksaan administrasi guru. Guru bisa begadang sampai larut malam.

Berdasarkan analisa beban mengajar guru sertifikasi tersebut dapat disimpulkan bahwa guru profesional Indonesia cukup sibuk dengan kegiatan pendidikan di sekolah. Bahkan kesibukan itu berlangsung sampai ke rumah masing-masing guru. 

Tentu saja hal ini akan membutuhkan kebugaran fisik yang memadai. Jika tidak, guru akan mengalami kelelahan dan jatuh sakit.

Waktu guru bersama keluarga tidak lagi seperti sebelumnya. Artinya, waktu guru bersama keluarga semakin berkurang. Semakin tersita oleh kegiatan pendidikan di sekolah. 

Tentu saja, besar harapan semua guru dapat menyeimbangkan waktu untuk tugas dan keluarga. Jika tidak pandai membagi waktu, bukan hal yang mustahil akan mengganggu stabilitas rumah tangga.

Demikian informasi yang dapat kuambil.com berikan, yang kami lansir dari infokemendikbud, semoga ada manfaatnya untuk kita semua.................

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PAGES 2 PRIORITAS GURU ADALAH MENGAJAR DAN MENDIDIK SISWA BUKAN MENGURUS TUGAS ADMINISTRASI, SETUJU?"

Post a Comment