Pages 2 Konselor pendidikan Itje Chodijah : " Motivasi Guru Sederahan Cuma Pengen Jadi PNS, Kalau Mau Jadi Guru Jadi Guru Aja !

Ketimpangan lulusan S1 yang tidak seimbang juga diperparah dengan penerimaan guru saat perekrutan yang banyak menggunakan nepotisme atau menggunakan koneksi dalam, bukan dengan melihat standar kompetensi. Fenomena ini menjamur terlebih di sekolah-sekolah swasta yang berupa yayasan.

Lebih dari itu, di sekolah-sekolah secara umum, banyak guru yang enggan mengikuti pelatihan-pelatihan untuk menunjang kemampuan mengajar apabila pelatihan tersebut tidak terikat dengan kerja dinas. Pelatihan bagi seorang guru, kata dia, merupakan pola penting yang berbasis pada peningkatan kualitas mengajar, bukan sekadar kelengkapan administrasi.

Permasalahan rendahnya motivasi guru dalam meningkatkan kualitas mengajar dan berkembang juga dialami oleh DKI Jakarta. Menurutnya, guru-guru di DKI Jakarta yang memiiki TKD tinggi tidak diimbangi dengan kualitas. “Buktinya sekarang DKI, guru negeri dengan TKD tinggi, emang identik dengan kualitas? Gak. DKI tunjangan daerah besar tapi tidak identik dengan kualitas,” tambahnya.

Menurutnya dari kebanyakan guru-guru negeri yang mendapatkan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) tinggi, mayoritas menganggapnya sebagai hak, namun tidak diiringi dengan kewajiban yang serupa.

Sebagai peringatan Hari Pendidikan Nasional, ia menghimbau kepada masyarakat keseluruhan untuk menjadikan peringatan hari pendidikan nasional sebagai titik balik memperbaiki kualitas pendidikan Indonesia. Pendidikan Indonesia menurut evaluasi dari berbagai lembaga internasional, lanjutnya, masih menunjukan bahwa indeks pendidikan nasional masih lemah.

“Saya rasa itu harus menjadi titik balik untuk mempelajari apa yang menjadi kesalahan dalam tindakan-tindakan yang dilakukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk mengembalikan pendidikan sebagai alat utama untuk menyiapkan bangsa ini menjadi bangsa yang lebih baik dan beradap,” ujarnya. 

Sumber : Tirto

Demikian informasi yang dapat kuambil.com berikan, Semoga ada manafatnya untuk kita semua...........

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pages 2 Konselor pendidikan Itje Chodijah : " Motivasi Guru Sederahan Cuma Pengen Jadi PNS, Kalau Mau Jadi Guru Jadi Guru Aja ! "

Post a Comment