Inilah Ciri-Ciri Sekolah Sehat Yang Perlu Anda Ketahui

Kuambil.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan sebuah informasi mengenai Ciri-Ciri Sekolah Sehat Yang Perlu Anda Ketahui , Simak selengkapnya dibawah ini ..

Sekolah merupakan tempat yang digunakan sebagai kegiatan belajar mengajar. Di sekolah, siswa-siswi akan menghabiskan hampir separuh waktu yang dimilikinya dalam sehari untuk menimba ilmu. Bagi mereka, sekolah adalah rumah kedua. Guru mereka adalah orang tua kedua bagi mereka.

Ciri-Ciri Sekolah Sehat Yang Perlu Anda Ketahui


Sebagai sebuah instansi yang bergerak pada bidang pendidikan, sekolah haruslah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Salah satunya adalah menjadi sekolah sehat. Artinya, sekolah sehat adalah sekolah yang memberikan jaminan dalam hal kesehatan bagi siswa-siswinya.

Namun untuk menjadi sebuah sekolah yang sehat, ada beberapa indikator yang harus dipenuhi oleh sekolah tersebut. Menjadi sebuah sekolah sehat bukan hanya sebuah kampanye nyata dari pemerintah, namun harus benar-benar diimplementasikan dalam bentuk nyata di lingkungan sekolah.

Dengan keterjaminan kesehatan di sekolah, siswa-siswi dipastikan bisa tetap sehat dan bisa mengikuti segala kegiatan sekolah dengan nyaman. Selain itu, sekolah yang sehat akan memberikan banyak sekali manfaat. Inilah Manfaat Serta Ciri-Ciri Sekolah Sehat tersebut antara lain sebagai berikut :

  • Membuat lingkungan sekolah enak dan nyaman dilihat.
  • Kualitas udara dilingkungan sekolah menjadi bersih.
  • Menjauhkan peserta didik dari berbagai penyakit.
  • Membuat kegiatan belajar mengajar lebih nyaman dan leluasa.
  • Mendorong semangat belajar peserta didik.


Sebaliknya sekolah yang kotor dan tidak sehat justru akan sebaliknya. Sekolah yang tidak sehat akan mengganggu dan menghambat segala kegiatan yang ada di sekolah tersebut. Beberapa hal yang mungkin bisa ditimbulkan apabila lingkungan sekolah tidak sehat antara lain :
  • Peserta didik menjadi tidak fokus untuk belajar karena lingkungan kotor, bau, dan tidak nyaman.
  • Peserta didik mudah terjangkit penyakit dan menjadi sering tidak masuk sekolah.
  • Kualitas udara buruk sehingga mengganggu pernapasan.
  • Tidak enak dipandang, sehingga menimbulkan tanggapan negatif dari masyarakat.


Nah, setelah anda mengetahui berbagai manfaat dan kerugian dari keadaan lingkungan sekolah yang sehat dan tidak sehat, sudah seharusnya mulai sekarang untuk menjaga lingkungan sekolah agar menjadi sebuah sekolah yang sehat.

Beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah sekolah agar bisa dikatakan sebagai Sekolah sehat antara lain sebagai berikut :

Lingkungan Bersih dan Nyaman

Indikator yang pertama dan yang paling penting dalam rangka menciptakan Sekolah sehat adalah keadaan lingkungan sekolah itu sendiri.  Pada dasarnya, keadaan lingkungan adalah hal pertama yang tampak oleh mata. Sekolah yang sehat tentu saja haruslah memiliki lingkungan yang bersih dan nyaman.

Beberapa bagian lingkungan tersebut adalah halaman sekolah, ruang kelas, kantin sekolah, tempat parkir dan berbagai sudut sekolah lainnya. Sekolah yang sehat akan memiliki halaman sekolah yang bersih dari berbagai sampah. Entah itu berupa kertas, plastik, botol, dan berbagai sampah lainnya.

Selain halaman, kebersihan ruang kelas juga sangatlah penting. Karena peserta didik akan belajar dikelas. Kelas yang bersih adalah kelas yang keadaan ruang kelasnya rutin dibersihkan setiap hari. Artinya, kelas tersebut bebas dari berbagai debu yang menempel, kotoran di laci meja, selokan depan sekolah bersih, sampai sudut atas kelas yang terbebas dari kotoran.

Ada Sarana Pendukung Kebersihan

Indikator yang kedua adalah memiliki sarana pendukung kebersihan. Berbagai sarana pendukung kebersihan antara lain memiliki banyak tempat sampah, alat-alat kebersihan, bank sampah dan berbagai poster tentang pentingnya menjaga kebersihan sekolah.

Tempat sampah mengambil peranan  penting dalam menjaga kebersihan sekolah. Sekolah yang sehat haruslah memiliki banyak tempat sampah. Tempat sampah tersebut bisa diletakkan di berbagai sudut sekolah yang mudah dijangkau oleh peserta didik. Tempat sampah bisa diletakkan di dalam dan luar ruang kelas (masing-masing 1 buah), di kantin sekolah, di halam sekolah, di perpustakaan, di kantor, dan di berbagai sudut lain sekitar sekolah.

Dengan adanya tempat sampah ini, peserta didik akan lebih mudah dalam membuang sampah-sampah yang ada. Jika tempat sampah ini penuh, peserta didik harus ditanamkan untuk selalu membuang dan menampungnya ditempat yang lebih luas seperti bank sampah, sebelum dimusnahkan.

Selain itu, ketersediaan alat-alat kebersihan seperti sapu, sikat, dan lap juga akan mendukung kegiatan kebersihan yang rutin dilakukan oleh peserta didik. Mereka akan sangat lebih dimudahkan dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan adanya peralatan ini. Sebaiknya alat-alat kebersihan haruslah disediakan secara lengkap disetiap ruangan yang ada disekolah.

Kemudian yang tak kalah penting adalah menanamkan pentingnya budaya menjaga kebersihan yang akan banyak memberikan manfaat bagi mereka. Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain dengan membuat berbagai poster bertema kebersihan dan kesehatan yang akan selalu membuat mereka ingat setiap waktu, memberikan sosialisasi dengan pihak terkait (misalnya puskesmas) tentang pentingnya kebersihan dan kesehatan, serta bahaya berbagai macam penyakit.

Pendidikan Olahraga 

Di sekolah, ada salah satu mata pelajaran yang berkaitan erat dengan kesehatan. Mata pelajaran tersebut adalah Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Muatan pada mata pelajaran ini tidak hanya sekedar bagaimana menjaga kebugaran jasmani dan berbagai macam olahraga saja, melainkan juga pentingnya menjaga kesehatan.

Jadi pendidikan olahraga bukan hanya mengajarkan tentang berbagai macam cabang olahraga saja, tetapi lebih mencakup ke hal lain yang tidak kalah penting lainnya, yaitu kesehatan. Beberapa kegiatan rutin dalam pendidikan olahraga yang bisa digunakan dalam mendukung program sekolah sehat adalah seperti kebiasaan senam rutin bagi seluruh warga sekolah yang bisa dilakukan sekali dalam seminggu atau bahkan lebih.

Selain itu, muatan materi dalam mata pelajaran olahraga juga mengajarkan tentang bahaya berbagai penyakit yang bisa menyerang peserta didik, bahaya penggunaan obat-obatan terlarang, dan berbagai pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Memiliki Kantin Sehat

Indikator yang keempat adalah ketersediaan kantin sehat dilingkungan sekolah. Sangat lumrah sekali dijumpai banyak sekali sekolah yang belum menerapkan keberadaan kantin sekolah sehat ini. Peserta didik akan dibiarkan jajan di pedagang sekolah yang mungkin saja menjual makanan dan minuman yang tidak sehat pada peserta didik.

Keberadaan kantin sehat bisa mengambil peranan penting dalam rangka menjadikan sekolah sehat tanpa membatasi kebiasaan jajan peserta didik. Artinya, sekolah menyediakan sebuah tempat yang bisa digunakan oleh para pedagang untuk memenuhi kebutuhan jajan peserta didik di lingkungan sekolah.

Yang penting harus diperhatikan sekolah adalah memastikan semua pedagang tersebut untuk menjual jajanan, baik berupa makanan ataupun minuman yang sehat. Selain itu, kebersihan kantin sehat juga harus selalu diperhatikan.

Dengan keberadaan kantin sehat ini, kesehatan peserta didik akan lebih menjadi terjamin. Karena mereka tidak akan lagi membeli jajanan pada pedagang liar yang tidak jelas menjamin kesehatan makanannya. Dengan adanya kantin ini, sekolah haruslah melarang pedagang liar atau yang tidak memenuhi kriteria makanan sehat.


Ruang Kelas Memadai

Ruang kelas yang memadai adalah ruang kelas yang menjamin kenyamanan belajar peserta didiknya. Kenyamanan tersebut bisa berupa kenyamanan belajar karena ruangan yang bersih, ruangan yang pertukaran udaranya bagus, ruangan yang sesuai standar kenyamanan.

Sekolah harus benar-benar memperhatikan kepadatan ruang belajar bagi peserta didik. Ruang kelas yang tidak padat akan membuat peserta didik lebih leluasa untuk bergerak dan belajar. Ruang kelas yang sehat dan nyaman juga harus bebas dari kebisingan yang bisa mengganggu kesehatan telinga dan mengganggu pelajaran.

Selain itu, ruang kelas harus memiliki ventilasi udara yang cukup. Hal ini dimaksudkan untuk selalu mejaga kualitas udara yang ada di dalam rungan kelas. Ruang kelas juga harus memiliki tingkat pencahayaan yang cukup agar tidak mengganggu penglihatan mata.


Ada Sumber Air Bersih

Keberadaan air bersih memang tidak bisa dipisahkan dari berbagai sektor kehidupan. Bukan hanya dilingkungan rumah, masyarakat, fasilitas umun, tetapi juga sekolah. Ketersediaan air bersih akan membuat segala kegiatan sekolah berjalan dengan lancar.

Ciri-Ciri Sekolah Sehat adalah sekolah yang selalu menjamin ketersediaan air bersih di dalamnya. Air bersih harus selalu tersedia di toilet untuk memudahkan peserta didik ketika sedang buang air kecil maupun buang air besar. Tak bisa dibayangkan bagaimana sebuah sekolah yang memiliki toilet, namun keberadaan air sedikit atau bahkan tidak ada. Hal ini akan sangat tidaklah sehat.

Selain itu, keberadaan tempat cuci tangan diberbagai sudut sekolah sangatlah penting. Artinya peserta didik dapat dengan mudah dalam menjaga kebersihan tangannya. Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering digunakan dalam beraktivitas, tangan adalah tempat paling rentan untuk berbagai kotoran dan kuman penyakit menempel.

Tangan yang kotor akan membuat peserta didik dengan mudah terserang penyakit. Karena itu, penempatan tempat cuci tangan yang memadai akan bisa membiasakan peserta didik untuk rajin mencuci tangan, terutama sebelum makan di lingkungan sekolah.


Toilet (WC) Sesuai Standar

Indikator Ciri-Ciri Sekolah Sehat adalah ketersediaan sarana toilet (WC) yang memadai, cukup, dan layak bagi peserta didik. Toilet yang sehat adalah toilet yang selalu bersih, tidak berbau, dan memiliki ketersediaan air yang cukup.

Toilet yang sehat haruslah memiliki bak penampungan air, sabun, dan peralatan kebersihan di dalamnya.  Keberadaan air yang selalu tersedia akan memudahkan kegiatan peserta didik di sekolah, alat kebersihan akan membuat toilet menjadi terjaga kebersihannya, dan keberadaan sabun adalah untuk memastikan kebersihan tangan peserta didik ketika habis berkativitas di dalam toilet.

Parameter rasio toilet (WC) ideal sesuai standar adalah minimal 1 : 25 toilet (WC) bagi peserta didik perempuan dan minimal 1 : 40 toilet (WC) bagi peserta didik laki-laki. Artinya, sekolah harus menyediakan jumlah toilet (WC) yang ideal tergantung pada jumlah peserta didiknya.


Bebas Asap R0kok

Ada banyak sekali bahaya yang bisa ditimbulkan oleh r0kok, terutama untuk anak-anak. Bahkan kandungan dari racun r0kok akan lebih berbahaya bagi per0kok pasif dibandingkan dengan si per0kok itu sendiri.

Sekolah yang sehat adalah sekolah yang memastikan semua warga yang ada didalamnya terbebas dari racun asap r0kok yang berbahaya. Setiap warga sekolah diwajibkan untuk tidak mer0kok dilingkungan sekolah. Entah itu pendidik, tenaga kependidikan, staf, penjual jajanan, sampai orang-orang yang memasuki lingkungan sekolah.

Sekolah harus menyediakan poster atau stiker tentang larangan mer0kok di lingkungan sekolah. Tujuannya jelas untuk selalu mengingatkan dan melarang dengan keras adanya sapa r0kok di lingkungan sekolah.


Ada Unit UKS

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) juga memiliki peranan penting dalam menjaga dan mengkampanyekan program sekolah sehat. UKS memiliki banyak sekali manfaat, terutama bagi peserta didik di lingkungan sekolah. UKS akan memberikan pelayan di bidang kesehatan dilingkungan sekolah. Hal ini sangatlah penting untuk selalu menghadapi jika misalnya ditemukan peserta didik yang sakit ketika bersekolah.

UKS akan mengajarkan tentang pola hidup sehat. Keberadaannya juga bisa dijadikan pilihan pertama untuk melakukan pertolongan bagi peserta didik yang sedang sakit. UKS yang baik haruslah memiliki tempat tidur, timbangan berat badan dan alat ukur tinggi badan, obat-obatan sederhana, alat peraga kesehatan, sampai buku catatan berobat yang bisa digunakan sebagai rujukan dari sekolah.


Kesimpulan

Sudah seharusnya setiap sekolah haruslah memberikan pelayanan terbaik dalam bidang pendidikan. Menjadi sekolah yang sehat akan memberikan dampak yang besar dalam bagi perkembangan peserta didik. Sudah seharusnya setiap sekolah diharapkan memenuhi kriteria sekolah sehat di atas.

Kesehatan merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan. Peserta didik yang sehat akan mendukung segala kegiatan di sekolah, sehingga tujuan nasional dari pendidikan dapat tercapai dengan sebaik-baiknya.

Demikian yang dapat kuambil.com berikan mengenai Ciri-Ciri Sekolah Sehat Yang Perlu Anda Ketahui , Semoga ada manfaatnya untuk kita semua..............

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Ciri-Ciri Sekolah Sehat Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment