Cara Mudah Login Aplikasi SISPENA BAN BAP S/M

Cara Mudah Login Aplikasi SISPENA BAN BAP S/M

Posted on

Halo semua, kembali lagi bersama admin yang pada kesempatan kali ini akan membagikan Cara Mudah Login Aplikasi SISPENA BAN BAP S/M , namun sebelumnya alangkah baiknya kita membaca pengertian apa itu SISPENA bagi yang belum tahu. Oke langsung saja silahkan disimak dibawah ini.

Sispena adalah sistem informasi penilaian akreditasi sekolah berbasis web , aplikasi sispena bisa diakses dari mana saja, kapan saja dengan syarat pengguna terhubung dengan internet. Aplikasi sispena ini dibuat dan dikelola oleh Badan Akrediasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). Aplikasi sispena BAN – BAP SM dapat dikases tidak hanya menggunakan komputer PC/Laptop aplikasi tetapi juga dapat menggunakan Ponsel Pintar (Smartphone) dan Tablet.

Aplikasi Sispena BAN S/M dan BAP S/M merupakan sebuah sistem yang menggunakan multilevel user. Dimana dalam penggunaanya setiap user akan dibedakan menjadi 4 Level. diantaranya adalah 1) Level Sekolah : yaitu digunakan oleh user yang mewakili masing-masing sekolah, dimana pada level ini konten yang ada didalamnya berbagai menu untuk input data dari pihak sekolah/madrasah serta untuk melakukan simulasi penilaian evaluasi dan lain sebagainya. 2) Level Asesor : yaitu akun yang dimiliki oleh seorang assesor. 3) Level BAP : yaitu akun / hak akses yang dimiliki oleh admin BAP. 4) Level Admin : yaitu level tertinggi pada hak akses di situs sispena, pada tataran level ini seorang admin mampu mengakses seluruh isi / konten website, termasuk melakukan control web dan maintance web.

Adapun manfaat dari Aplikasi Sispena BAN SM dan BAP S/M adalah 1) Aplikasi Sispena BAN S/M dan BAP digunakan untuk melakukan pendataan sekolah/madrasah yang hendak diakreditasi.2) Aplikasi sispena BAN SM dan BAP digunakan untuk melakukan pengiriman berkas-berkas / dokumen persyaratan akreditasi dengan cara online. Persyaratan berkas akreditasi tidak perlu dikirim dalam bentuk hardcopy. anda cukup mendownload format yang sudah disediakan lalu mengupload melalui akun sekolah masing-masing di aplikasi sispena. 3) Aplikasi sispena BAN S/M dan BAP digunakan untuk melakukan penilaian terhadap sekolah yang diakreditasi. Semua instrumen penilian akreditasi akan di muat didalam aplikasi sispena ini. Sekolah/Madrasah melalui kepala atau operator atau guru yang diberi kewenangan untuk mengoperasikan aplikasi sispena mengisi dengan cara menjawab pertanyaan dari instrumen-instrumen penilaian yang ada didalam aplikasi sispena. Kemudian asesor hanya tinggal melakukan koreksi dan sinkronasi antara jawaban hasil pengisian instrumen penilaian akreditasi dengan bukti-bukti dokumen yang sudah diupload. 4) Aplikasi sispena BAN SM atau BAP mampu melakukan penilaian otomatis kepada sekolah/madrasah yang di akreditasi melalui analisa hasil dari pengumpulan data berupa jawaban atas pertanyaan berupa instrumen-instrumen serta dokumen-dokumen yang sudah diupload pihak sekolah/madrasah. Jadi asesor tidak perlu menghitung nilai akhir. semua sudah dilakukan oleh aplikasi sispena.

Bagaimana cara Login Aplikasi Sispena BAN SM / BAP. Meskipun caranya cukup mudah namun masih ada diantara kita yang belum sepenuhnya paham langkah-langkah login di sispena BAN SM. Berikut ini cara login sispena BAN SM atau BAP.

A. Cara Login Sispena BAN S/M Tahun 2018

Bagaimana cara login Sispena BAN S/M Tahun 2018 ? pertama silahkan kunjungi situs bap https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena/login 

Kedua, silahkan masukan user dan password, jika anda belum pernah mengganti password maka untuk user dan password default adalah nomor NPSN anda, user : “nomor npsn” password : nomor npsn. ingat yang dimasukan adalah nomornya bukan diketikan “NPSN”. Lalu Klik CAPTCHA atau centang tulisan Saya Bukan Robot. Jika muncul pilihan gambar setelah diklik tulisan Saya Bukan Robot, pilih gambar sesuai perintah kemudian klik Verifikasi.

Cara Mudah Login Aplikasi SISPENA BAN BAP S/M

Jika sudah anda tinggal klik “Login” Setelah berhasil masuk ke halaman sispenabap.bansm.or.id maka Sistem akan langsung menampilkan jendela form identitas sekolah yang sebagian besar telah terisi dari data dapodik/EMIS.

Cara Mudah Login Aplikasi SISPENA BAN BAP S/M

Khusus untuk Jenjang SMK, terdapat form isian program keahlian yang bisa diisi lebih dari satu program keahlian.

Cara Mudah Login Aplikasi SISPENA BAN BAP S/M

Selain itu, data yang wajib diisi sekolah adalah status akreditasi terakhir, tahun akreditasi serta visi dan misi. Setelah terisi selanjutnya klik SUBMIT

Selanjutnya sekolah mengklik Menu Data Isian Akreditasi atau DIA yang ada disamping kiri untuk memulai proses penginputan isian akreditasi.

Cara Mudah Login Aplikasi SISPENA BAN BAP S/M

Terdapat beberapa menu pada isian akreditasi diantaranya: Pernyataan Kepala Sekolah/Madrasah, Pemutakhiran data, Prasyarat Akreditasi, Data Isian Akreditasi, dan Kartu Kendali.

Cara Mudah Login Aplikasi SISPENA BAN BAP S/M

B. Cara Login Sispena BAN S/M dan BAP Tahun 2017

Cara Mudah Login Aplikasi SISPENA BAN BAP S/M

Kedua, silahkan masukan user dan password, jika anda belum pernah mengganti password maka untuk user dan password default adalah nomor NPSN anda, user : “nomor npsn” password : nomor npsn. ingat yang dimasukan adalah nomornya bukan diketikan “NPSN”. Kemudian pilihlah select menu Level akun menjadi “Sekolah” Lalu Klik CAPTCHA atau centang tulisan Saya Bukan Robot. Jika muncul pilihan gambar setelah diklik tulisan Saya Bukan Robot, pilih gambar sesuai perintah kemudian klik Verifikasi.

Jika sudah anda tinggal klik “Login”

Setelah berhasil masuk ke halaman sispenabap.bansm.or.id maka akan muncul form isian identitas sekolah. Silahkan dilengkapi identitas sekolah anda.

Cara Mudah Login Aplikasi SISPENA BAN BAP S/M

Jika diperlukan gantilah juga password akun anda agar lebih aman dan tidak bisa diakses orang lain. Setelah anda klik submit maka otomatis password anda sudah bukan lagi Nomor NPSN. Namun untuk user tetap nomor NPSN.

Nah mudah bukan? Semoga informasi mengenai Cara Mudah Login Aplikasi SISPENA BAN BAP S/M Tahun 2018 ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + twelve =