Sergur.id Alamat Cek Penempatan LPTK Calon Peserta PPG 2019

Sergur.id Alamat Cek Penempatan LPTK Calon Peserta PPG 2019

Posted on

Sergur.id Alamat Cek Penempatan LPTK Calon Peserta PPG 2019 –  Sebelumnya, calon peserta PPG Dalam Jabatan (Tahap 1) yang telah dinyatakan lulus pretest harus terus memantau perkembangan statusnya lewat laman ap2sg.sertifikasi.id. Disitu kita bisa melihat alur verifikasi mulai dari Berkas Belum Dikumpulkan, Verifikasi Dinas Disetujui, sampai Verifikasi LPMP Disetujui.

Nah, setelah seluruh proses verifikasi berkas administrasi sudah selesai, calon peserta kini dihimbau untuk memantau laman yang baru, yaitu Sergur.id. Silahkan Bapak/Ibu mengunjungi link tersebut. Informasi mengenai LPTK penyelenggara PPG akan diumumkan di halaman tersebut. Hal ini sebagaimana disampaikan dalam bimbingan teknis/sosialisasi calon peserta PPG.

Apa perbedaan Sergur.id dengan ap2sg.sertifikasi.id?

Secara sekilas, tidak ada perbedaan dalam tampilan antar mukanya. Hanya saja di laman Sergur.id (per 17 April 2018) ada 2 informasi penting untuk diketahui:

Hasil penempatan di LPTK pelaksana PPG akan diinformasikan melalui halaman ini (Sergur.id).
Bagi calon peserta jika NUPTK yang tercatat saat ini tidak sesuai dengan NUPTK yang seharusnya harap melakukan konfirmasi ke Dinas Kabupaten/Kota bagi guru TK/SD/SMP dan Dinas Provinsi bagi guru SMA/SMK/SLB untuk diteruskan ke LPMP.

Update 18 Mei 2018
Sesuai edaran sebelumnya, akhirnya mulai hari ini 18-05-2018 pengumuman hasil penempatan LPTK untuk peserta PPG Dalam Jabatan 2018 sudah dirilis. Di laman Sergur.id juga bisa dilihat apakah status anda sebagai calon peserta, calon peserta cadangan, atau masih dalam proses penempatan. Untuk yang berstatus calon peserta dan cadangan, harus melakukan konfirmasi kesediaan dan mencetak form A1 dan Pakta Integritas sebagai syarat mulai mengikuti PPG.

Setelah dinyatakan lulus seleksi akademik (pretest) dan seleksi administrasi, ternyata calon peserta PPG Dalam Jabatan 2018 masih diberi kesempatan untuk menyatakan kesiapan dan kesediaannya mengikuti PPG ini. Ini tentu menjadi jawaban atas berbagai pertanyaan yang muncul, khususnya Bapak/Ibu yang menginginkan ikut PPG periode berikutnya dengan alasan keluarga dan lainnya. Dengan demikian anda bisa menyatakan “Tidak Bersedia” untuk mengikuti antrian pada PPG tahap selanjutnya.

Namun bagi kita yang tidak punya kendala berarti, tentu tidak ada alasan untuk mengundur waktu mengikuti PPG ini. Sebab kesempatan untuk ikut PPG dan memperoleh sertifikat pendidik tidak datang setiap waktu. Berkah berupa lulus pretest beberapa waktu lalu tentu bukan hal yang patut disia-siakan. Ketika tahap awal itu sudah bisa kita atasi, maka seluruh fase juga harus kita selesaikan, dengan menyelesaikan kegiatan demi kegiatan sampai PPG ini berarkhir.

Nah, setelah adanya pengumuman LPTK tanggal 18 Mei 2018, setiap calon peserta (Mahasiswa PPG Dalam Jabatan) diharuskan melakukan Konfirmasi Kesediaan lalu mencetak Form A1 dan Pakta Integritas. Berikut ini saya akan membagikan langkah-langkah melakukan konfirmasi kesediaan sekaligus mencetak form A1 dan pakta integritas:

1. Pastikan anda masuk kuota “Calon Peserta” atau “Calon Peserta Cadangan”, karena konfirmasi kesediaan tidak bisa dilakukan untuk kuota masih dalam penempatan.
2. Silahkan menuju laman https://daftar.sergur.id/
3. Isikan nomor peserta dan kata sandi seperti yang digunakan untuk masuk ke SIMPKB. Lalu “Login”.

login konfirmasi kesediaan

4. Muncul tampilan seperti di bawah ini. Silahkan klik “Konfirmasi” (yang diberi tanda merah).

konfirmasi kesediaan

5. Jika sudah, sekarang Bapak Ibu diminta menjawab beberapa pertanyaan terkait kesiapan mengikuti PPG Dalam Jabatan 2018. Jika tidak ada kendala dan sudah benar-benar siap mengikuti PPG saat ini, tinggal tekan tombol “Ya Bersedia” untuk semua pertanyaan.

pertanyaan konfirmasi kesediaan

6. Lanjutkan dengan mengisi Alamat RumahNomor HandphoneNomor Induk Mahasiswa S1, dan Nama Perguruan Tinggi S1. (perhatikan keterangan isian disebelah kanan). Jika selesai menginput, tekan “Kirim”.

info kesediaan ppg

7. Klik tombol “Cetak

form a1 dan pakta integritas
8. Nah sekarang anda sudah bisa mencetak form A1 dan pakta integritas, lebih tepatnya mendownload (menyimpan) dalam format PDF.

form a1 dan pakta integritas

Keterangan : Jika form A1 atau pakta integritas tidak bisa langsung terdownload, tunggu beberapa saat. Biasanya setelah beberapa waktu baru bisa disimpan (didownload).

Setelah menyelesaikan konfirmasi kesediaan, biasanya LPTK PPG anda baru bisa muncul.

Informasi mengenai LPTK / Perguruan Tinggi tempat dimana peserta akan melaksanakan rangkaian proses PPG mulai awal hingga akhir merupakan info yang ditunggu berikutnya setelah adanya kepastian lolos verifikasi LPMP. Bahkan di banyak kabupaten/kota sudah menggelar sosialisasi/bimbingan teknis perihal persiapan PPG nantinya.

Juga dengan adanya pedoman penyelenggaraan PPG Dalam Jabatan yang sudah dirilis beberapa waktu lalu, telah memberi kepastian mengenai pelaksanaan PPG itu sendiri. Setidaknya ini memberi kesempatan bagi Bapak/Ibu untuk mengatur waktu yang nanti dihabiskan untuk PPG, seperti menyiapkan tugas untuk siswa-siswa di kelas, atau berkoordinasi dengan guru lain terkait tugas mengajar. Hal ini mengingat ada beberapa minggu nantinya peserta harus meninggalkan kelas secara full untuk kegiatan tatap muka di LPTK.

Nah, yang masih ditunggu-tunggu hingga kini adalah penentuan LPTK yang akan menjadi tempat masing-masing peserta melaksanakan PPG. Banyak yang berharap prosesnya cepat selesai dan segera diumumkan. Sekali lagi ini mengingat proses PPG yang memakan waktu hingga 5 bulan, tidak seperti PLPG yang kurang lebih 14 hari. Sehingga peserta benar-benar harus mempersiapkan sejak awal mulai dari transpot maupun biaya pribadi lainnya.

Cara Cek Hasil Penempatan LPTK Peserta PPG Dalam Jabatan 2018 – Update 18 Mei 2018

Sebelumnya Kemdikbud menginformasikan bahwa setelah verifikasi berkas administrasi calon peserta PPG Dalam Jabatan sudah selesai, hasil penempatan peserta PPG di LPTK akan dipublikasikan di laman sergur.id atau ap2sg.sertifikasiguru.id. Itu artinya kita bisa menunggu hasilnya sambil terus mengecek salah satu laman tersebut.

Nah, saat ini (per 18 Mei 2018) hasil penempatan/plotting LPTK untuk tiap-tiap peserta (Mahasiswa PPG 2018) sudah resmi dirilis. Untuk melihat hasilnya, caranya sebenarnya cukup mudah karena sama dengan saat melihat pretest lalu (lulus/tidak lulus). Berikut ini step by step nya:

1. Masuk ke laman Sergur.id
2. Scroll sampai paling bawah. Pada bagian Tautan Informasi, pilih “Hasil Seleksi Akademik (pretest) tahun 2017 dan Calon peserta PPG 2018
3. Isikan NUPTK atau No Peserta (No UKG)
4. Jika sudah, seharusnya LPTK untuk Bapak/Ibu sudah tertera. Seperti di bawah ini:

lptk-ppg

Catatan:
1. LPTK hanya muncul untuk kuota “Calon Peserta” dan “Calon Peserta Cadangan”.
2. Apabila LPTK belum tertera (masih kosong), dan yang muncul hanya Hasil Seleksi Akademik, Administrasi dan Kuota, maka kemungkinan Bapak/Ibu diminta untuk menyelesaikan Konfirmasi Kesediaan terlebih dulu.

Demikian informasi yang dapat kuambil.com berikan mengenai Sergur.id Alamat Cek Penempatan LPTK Calon Peserta PPG 2019, Semoga ada manfaatnya untuk kita semua.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − three =