Daftar Gaji Pokok PNS Berdasarkan Golongan Tahun 2018

Daftar Gaji Pokok PNS Berdasarkan Golongan Tahun 2018

Posted on

Halo rekan-rekan semua pada kesempatan kali ini admin kembali akan membagikan informasi mengenai Daftar Gaji Pokok PNS Berdasarkan Golongan Tahun 2018 , namun sebelumnya simak kabar gembira yang datang dari istana. 

 Kabar gembira bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunan. Pasalnya, pemerintah berencana menaikkan gaji pokok dan pensiun pokok bagi PNS pada tahun 2019 mendatang.

Rencana itu bakal dimasukkan ke dalam Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja (RAPBN) tahun anggaran 2019.

“Pada 2019, pemerintah akan menaikkan gaji pokok dan pensiun pokok bagi PNS serta pensiunan sebesar rata-rata 5 persen,” ucap Presiden RI, Joko Widodo alias Jokowi dalam Rapat Paripurna RAPBN 2019 di Gedung DPR-RI, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Rencana tersebut dicanangkan pemerintah lantaran untuk melanjutkan tren positif yang terjadi pada birokrasi selama 2018.

Pada 2018, pemerintah telah melakukan percepatan pelaksanaan reformasi di 86 kementerian/lembaga negara guna memberikan pelayanan publik yang lebih mudah, baik, dan cepat serta transparan.

Rencana kenaikan gaji pokok dan pensiun pokok itu pun diharapkan Jokowi bisa semakin memberikan peningkatan kualitas birokrasi dalam negeri.

“Peningkatan kualitas dan motivasi birokrasi terus dilakukan agar aparatur negara makin profesional, bersih, dan terjaga kesejahteraannya,” tutur Jokowi.

Seperti diketahui gaji pokok PNS belum mengalami kenaikan selama beberapa tahun teakhir.

 

Tabel gaji PNS per Golongan Tahun 2018



Sebagai ganti Pemerintah yang tidak menaikan Gaji PNS dari tahun 2016 dan 2017 Pemerintah memberikan Gaji ke 14 (THR) bagi PNS aktif dan Pensiunan.

Merujuk pada  Nota keuangan  pada pembahasan Rancangan APBN tahun 2018 tidak disinggung mengenai adanya Kenaikan gaji PNS 2018, oleh karena itu beberapa Media Online memberitakan bahwa tidak ada kenaikan gaji PNS 2018 dan kembali PNS namun akan mendapat gaji 13 dan THR.

Banyak PNS yang mempertanyakan apakah pada tahun 2018 adakah kenaikan Gaji PNS?. Pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan Menjelaskan bahwa Pemerintah Akan memberikan Gaji 13 dan THR sebagai ganti tidak naiknya Gaji PNS 2018.

Walaupun Pemerintah memberikan THR sebagai ganti tidak naiknya Gaji PNS, banyak pns mengeluh tingginya inflasi tidak bisa ditutupi dengan adanya THR dan Gaji 13. Oleh karena itu banyak PNS yang berharap segera menaikan Gaji PNS, kalau bila perlu tahun 2018 gaji pns harus naik. Karena pada tahun lalu pemerintah sudah mewacanakan gaji pokok PNS 2018 tertinggi 14 juta perbulan.

Bagi anda yang belum mengetahui selama ini berapa sih Daftar Gaji PNS semenjak 2018 berikut ini kami hadirkan Daftar gaji PNS 2018 per Golongan.

Daftar Gaji PNS Golongan I Tahun 2018
 
 Daftar Gaji PNS Golongan II Tahun 2018
Daftar Gaji PNS Golongan III Tahun 2018
Daftar Gaji PNS Golongan IV Tahun 2018

Nah, tabel Daftar Gaji Pokok PNS Berdasarkan Golongan Tahun 2018 dan 2019 di atas adalah gaji pokok, belum termasuk tunjangan. Tiap instansi pemerintah memberikan tunjangan berbeda-beda. Oke sekian dulu informasi yang dapat admin berikan, Semoga ada manfaatnya untuk kita semua.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 3 =