Cara Login Dan Mengisi Daftar Hadir Guru Secara Online di DHGTK 2018

Posted on

Pada kesempatan kali ini kembali admin akan membagikan sebuah informasi mengenai Cara Login Dan Mengisi Daftar Hadir Guru Secara Online di DHGTK 2018 , Silahkan rekan-rekan guru simak caranya dibawah ini.

Beberapa hari yang lalu telah rilis Aplikasi Data Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan terbaru versi 1.1 tahun 2017-2018. Aplikasi ini merupakan penyempurnaan dari aplikasi sebelumnya, dimana kita dapat menggunakan android sebagai media input data kehadiran guru dan tenaga kependidikan disekolah kita masing-masing. Aplikasi ini berfungsi untuk menghitung jumlah kehadiran guru dan nantinya akan dituangkan dalam juknis tunjangan profesi. Sehingga diharapkan agar memastikan input data Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) dengan benar.

Aplikasi ini terkait erat dengan proses percepatan pembayaran tunjangan profesi. Seperti yang telah dijelaskan dilaman DHGTK (http://223.27.144.195:2017) bahwa:

DHGTK ini dirancang untuk mempercepat proses pembayaran tunjangan profesi guru, dasar atau persyaratan untuk dapat menerima tunjangan profesi sesuai pasal 15 pp 19 tahun 2017. Semua persyaratan pada pasal tersebut dapat dipenuhi dari dapodik, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK ) No 50 tahun 2017 sebagai mana diubah dengan PMK 112/PMK.07/2017 tentang pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa yang menyatakan bahwa penyaluran tunjangan profesi paling lambat 7 hari setelah uang masuk kekasda dan SKTP terbit harus dibayarkan kepada guru, sehingga tidak ada alasan memperlambat penyaluran dengan meminta dokumen/berkas dalam bentuk apapun yang terkait dengan penyaluran tunjangan kepada guru-guru lagi.

Informasi DHGTK Untuk Satuan Pendidikan:

Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan merupakan aplikasi pencatatan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah swasta seluruh Indonesia. Proses pencatatan data kehadiran dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung. Proses pencatatan kehadiran untuk versi awal dapat dilakukan secara harian dan bisa juga dilakukan mingguan atau bulanan.Untuk dapat mencatatkan kehadiran guru kedalam sistem, ada dua user yang dapat digunakan sebagai akses kedalam sistem :

  1. Login dengan userid kepala sekolah
  2. Login dengan userid operator dapodik

Kedua userid tersebut terupdate datanya secara langsung dari data dapodik baik Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud.

Perubahan userid dan password dilakukan melalui aplikasi dapodik disekolah masing-masing. Perubahan userid dan password yang dilakukan di aplikasi dapodik akan terakomodir di Sistem Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan setelah dilakukan syncron. Data pengguna akan terupdate di sistem DHGTK setelah 2 (dua) hari berhasil syncron.Sistem informasi kehadiran ini dapat dilakukan secara harian dan bisa juga dilakukan mingguan dan atau bulanan dengan menggunakan user id untuk tingkat satuan pendidikan berupa userid kepala sekolah dan userid operator sekolah.

Sebagai catatan sebelum mengisikan daftar hadir guru secara online di DHGTK 2018, operator diharapkan untuk melakukan singkronisasi terlebih dahulu pada awal bulan di tahun 2018.

Cara Mengisi Daftar Hadir Guru Secara Online di DHGTK 2018:

  • Silahkan anda Login SIM Kehadiran Guru terlebih dahulu, atau dapat secara langsung klik Login Sekolah di sini : Login Sekolah, atau juga dapat mengunjungi laman berikut http://223.27.144.195:2017 dan temukan menu seperti dalam gambar berikut ini:
    Lihat gambar

Cara Login Dan Mengisi Daftar Hadir Guru Secara Online di DHGTK 2018

  • Jika laman DHGTK sudah terbuka, silahkan anda login dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Inputkan NPSN,
    • Inputkan user dapodik anda atau user anda sebagai kepala sekolah,
    • Inputkan pasword dapodik anda atau password user anda sebagai kepala sekolah
    • Kemudian masukkan kode yang tertulis pada gambar diatas.
    • Kemudian silahkan klik login

    Lihat gambar

Cara Login Dan Mengisi Daftar Hadir Guru Secara Online di DHGTK 2018
jika anda sudah berhasil login, maka silahkan anda inputkan data kehadiran guru dan tenaga kependidikan di sekolah anda. Jika belum berhasil dan menjumpai gambar seperti di bawah ini, silahkan lakukan refresh atau tekan f5.

  • Setelah berhasil login, maka tampilan beranda akan berubah sebagaimana gambar berikut, kemudian klik Kehadiran pada tampilan.
  • Pada tampilan Kehadiran, klik : Buat Daftar Hadir kemudian akan keluar tampilan Daftar kehadiran bulan Januari semester 20172 sudah berhasil dibuat, lanjutkan dengan menekan OK!
    Lihat gambar
  • Untuk pengisian Kalender Sekolah, jika anda belum memiliki kalender sekolah, Anda dapat menggunakan template kalender pendidikan yang ada dan disesuaikan dengan kalender sekolah anda.Click tombol biru (Ok) jika anda ingin menggunakannya,Dengan menekan tambah baru, maka beranda anda akan berubah, setelah itu isikan beberapa pilihan berikut sesuai dengan kalender sekolah anda:
    • Libur Semester
    • Libur Akhir Tahun
    • Libur Nasional
    • Libur Pemilu/Pilkada
    • Hari Besar Agama
    • Cuti Bersama

    Isikan Mulai Tanggal dan Sampai Tanggal, jangan lupa untuk memberi keterangan agar nanti tertampil pada template kalender.
    Liat pada gb 1 kalender SekolahLiat pada gb 2 kalender Sekolah. Isikan – Simpan.Liat pada gb 3 kalender Sekolah. Contoh setelah melakukan penginputan Hari Libur dan Cuti Bersama

  • Click tombol merah (Hapus) jika anda tidak mau menggunakannya.
    Template ini akan selalu keluar, selama anda belum memiliki kalender sekolah.
    Maka langkah selanjutnya dengan membuat template dengan memilih Tambah Baru padaKalender Sekolah
  • Klik centang pada tanggal kehadiran kemudian simpan.
    Liat pada gb 6 Kehadiran GTKJika ada rekan guru yang berhalangan hadir karena Sakit atau Dinas Luar, maka wajib menginput Formulir Surat Izin.
    Caranya, silahkan pilih menu data guru lalu pilih GTK tersebut, kemudian pilih tombol Input Izin/Sakit/Dinas Luar pada kolom berikut.
    Liat pada gb 6 Izin GTKPada form Input Izin/Sakit/Dinas Luar pada kolom diatas, lengkapi kolom-kolomnya dengan memasukkan seperti keterangan pada gambar tersebut diatas.
  • Keluar Apliakasi, setelah melakukan pengisian absensi, jangan lupa memilih tombol simpan pada pagian atas sebelah kanan. Hal ini dilakukan supaya data yang telah diisi dapat terekam dan tersimpan di server.
    Lakukan pengisian daftar hadir guru sesuai dengan kondisi.

Hal yang perlu di ingat yakni:
Untuk melakukan proses absensi harus dilakukan oleh kepala sekolah atau petugas yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah untuk melakukan proses absensi setiap hari. Login kedalam aplikasi absensi dapat dilakukan dengan account kepala sekolah yang dientrikan didalam dapodik.

Nah demikian yang dapat admin bisa sampaikan mengenai Cara Login Dan Mengisi Daftar Hadir Guru Secara Online di DHGTK 2018 melalui laman hadir.gtk.kemdikbud.go.id , Semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan guru semua.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 5 =