Cara Menggunakan WhatsApp Web di Android

Cara Menggunakan Whatsapp Web Diberbagai Perangkat

Posted on

Hallo Selamat datang, Pada kesempatan kali ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai Cara Menggunakan Whatsapp Web Diberbagai Perangkat, perangkat yang dimaksud dalam hal ini adalah di Android, PC , Laptop, Tablet , iphone maupun di browser chrome.

Nah untuk tutorial pertama saya akan menjelaskan cara menggunakan whatsapp web di android , jadi android yang dimaksud disini adalah Mobile phone (Handphone) atau Tablet yang berbasis android. Oke tanpa panjang lebar mari simak cara selengkpanya dibawah ini.

1. Cara Menggunakan WhatsApp Web di Android

  1. Pertama, Gadgeter dapat mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsWeb WebLite for Whatsapp  terlebih dahulu
  2. Setelah aplikasi WhatsWeb WebLite for Whatsapp terinstal di smartphone Android maka Gadgeter dapat membuka aplikasi WhatsApp di smartphone lainnya
  3. Nantinya pada WhatsWeb WebLite for Whatsapp akan muncul QR Code
  4. Selanjutnya, Gadgeter dapat membuka aplikasi WhatsApp dan memilih menu WhatsApp Web
  5. Kemudian, Gadgeter akan dihadapkan pada tampilan pemindaian di aplikasi WhatsApp
  6. Terakhir, Gadgeter dapat memindai QR Code pada aplikasi WhatsWeb WebLite for Whatsapp
  7. Hasilnya percakapan chat dan tampilan aplikasi WhatsApp akan muncul di WhatsWeb WebLite for Whatsapp

Sebagai catatan, aplikasi ini hanya berguna apabila aplikasi WhatsWeb WebLite for Whatsapp terdapat pada smartphone yang berbeda dari aplikasi WhatsApp agar bisa memindai QR Code.

Selanjutnya saya akan memberikan informasi mengenai Cara Menggunakan Whatsapp Web di PC, simak selengkapnya :

2. Cara Menggunakan Whatsapp Web di PC

Seperti yang diketahui, WhatsApp atau yang disingkat dengan WA merupakan sebuah sosial media yang mampu membuat penggunanya untuk berkomunikasi dengan lain. Nah, kini WA bukan hanya sekedar sosial media yang bisa digunakan pada smartphone saja lho.

Pasalnya, Whatsapp juga memiliki sebuah aplikasi yang bisa Anda gunakan di PC / laptop, Whatsapp Web. Ya, di sini Anda bisa mengakses dan juga berkomunikasi selayaknya Anda menggunakan WA di ponsel. Kira-kira apakah semua fitur Whatsapp Web sama seperti dengan Whatsapp di Smartphone?

Bagaimana cara menggunakan Whatsapp Web? Apa perbedaannya? Bagaimana cara menginstall Whatsapp Web? Semua pertanyaan tersebut akan Kami rangkum jawabannya ke dalam artikel berikut ini. So, tetap stay tunesampai akhir artikel ya!

Persyaratan Menggunakan Whatsapp Web

WhatsApp Web memiliki beberapa persyaratan yang harus ditempuh sebelum Anda menikmatinya. Tenang saja, persyaratan berikut ini tidak berbelit dan cukup simpel. Persyaratan ini harus Anda tempuh jika ingin menggunakan WhatsApp Web dengan nyaman.

Perlu Anda ketahui juga bahwa WhatsApp Web bukan berarti Anda membuat akun Whatsapp yang baru. Di sini, WhatsApp Web akan melakukan sinkronisasi dari akun WhatsApp di HP Anda ke WhatsApp Web.

Maka dari itulah, salah satu syaratnya, Anda harus memiliki smartphone yang telah disesuaikan oleh pihak Whatsapp Web. Berikut beberapa persyaratan umum dari WhatsApp Web:

  1. Pastikan Anda adalah pengguna ponsel Android, iPhone 8.1+, Windows Phone 8.0 and 8.1, Nokia S60, Nokia S40 EVO, BlackBerry, dan BlackBerry10 saja.
  2. Syarat selanjutnya yakni pastikan Anda memiliki akun WhatsApp yang aktif di smartphone.
  3. Kemudian, Anda juga diharapkan untuk memiliki koneksi internet yang stabil pada PC / laptop yang akan digunakan untuk WhatsApp Web, mengingat WhatsApp Web merupakan sosial media yang mengharuskan Anda untuk tetap online.
  4. Juga, Anda harus menggunakan browser versi terbaru baik dari Chrome, Firefox, Opera, Safari, atau Edge.

Itulah 4 syarat minimum yang harus Anda penuhi sebelum menggunakan WhatsApp Web. Jika salah satu syarat tidak Anda penuhi, maka WhatsApp Web tidak akan berjalan dengan lancar atau mungkin WhatsApp Web tidak akan bisa diakses.

Cara Mengakses Whatsapp Web

Semua persyaratan di atas sudah terpenuhi? Kalau begitu kini Anda siap untuk mengakses Whatsapp Web. Sebelum menggunakan Whatsapp Web Messanger, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan sinkronisasi antara Whatsapp Web dan juga Whatsapp yang ada di Smartphone Anda. Di sini Kami juga akan menunjukkan untuk cara melihat barcode WhatsApp.

Jadi, hal pertama yang harus Anda siapkan adalah PC / laptop untuk membuka Whatsapp Web dan juga smartphone yang sesuai dengan persyaratan dari Whatsapp Web. Sudah siap semuanya? Lalu, Anda bisa melanjutkannya dengan mengikuti tahap-tahap berikut ini:

1. Kunjungi situs Whatsapp Web dengan klik di sini. Setelah mengkliknya maka secara otomatis Whatsapp Web akan muncul dan menampilkan sebuah QR Code.

2. Kemudian untuk pengguna Android, Anda bisa membuka aplikasi Whatsapp di ponsel. Lalu, klik simbol titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas.

3. Masih dengan pengguna Smartphone Android, langkah selanjutnya adalah klik WhatsApp Web.

4. Setelah itu, pengguna Android bisa klik OK, GOT IT.

5. Berikutnya, Anda bisa langsung pindai QR Code yang ada di WhatsApp Web dengan menggunakan WhatsApp di ponsel Anda. Nah, secara otomatis akun WhatsApp Anda sudah terhubung dengan WhatsApp Web.

Namun, bagaimana dengan pengguna Smartphone lainnya seperti Blackberry, iPhone, Windows Phone, dan Nokia? Caranya tidak jauh berbeda, berikut langkah-langkah untuk melakukan sinkronisasi bagi pengguna Smartphone selain Android:

  • Pada Nokia S60 dan Windows Phone: kunjungi Menu > WhatsApp Web.
  • Pada iPhone: kunjungi Pengaturan > WhatsApp Web.
  • Pada BlackBerry: kunjungi Chatting > Menu > WhatsApp Web.
  • Pada BlackBerry 10: Gesek ke bawah dari bagian atas layar > WhatsApp Web.
  • Pada Nokia S40: Gesek ke atas dari bagian bawah layar > WhatsApp Web.

Jadi, apakah Anda sudah berhasil untuk melakukan sinkronisasi WhatsApp ponsel dengan WhatsApp Web? Sedikit informasi juga bahwa Anda tidak perlu mendownload atau Install WhatsApp Web. Sebab, WhatsApp Web hanya bisa digunakan pada browser saja ya.

Yang ketiga kita akan membahas tentang cara menggunakan whatsapp web di iphone, yuk simak caranya dibawah ini.

3. Cara Menggunakan Whatsapp Web di iphone

WhatsApp Web tidak hanya bisa digunakan oleh pengguna hp Android, bagi kamu pengguna iPhone juga bisa memakai fitur WhatsApp ini. Bagi pengguna baru iPhone tentu pernah bertanya bagaimana cara setting whatsapp web di iPhone itu?

Jangan khawatir menggunakan WhatsApp Web di iPhone sangatlah mudah karena langkahnya hampir sama seperti menggunakan WhatsApp web untuk versi Android.

Berikut ini adalah cara WhatsApp Web di iPhone, pertama buka halaman https://web.whatsapp.com di PC atau komputer kamu baik itu menggunakan Google Chrome ataupun Firefox, sampai muncul kode barcode di layar PC kamu tersebut.

Jalankan aplikasi WhatsApp untuk iPhone kemudian pilih menu Pengaturan di pojok kanan bawah layar WhatsApp kamu, untuk mengaktifkan WA web di iPhone tap pada WhatsApp Web/ Desktop, lalu arah kamera iPhone ke barcode yang muncul di layar PC atau laptop kamu.

Apabila iPhone telah berhasil melakukan proses scan barcode maka secara otomatis kamu sudah bisa menggunakan WhatsApp Web di PC atau komputer.

Bagaimana bila kamu ingin mengakses WhatsApp Web dari iPhone, bukan menggunakan Komputer atau PC. Misalkan kamu memiliki WhatsApp di Android, tapi kamu juga ingin menggunakan akun WhatsApp tersebut di iPhone dengan menggunakan nomor WA yang sama.

WhatsApp Web selain bisa diakses di PC atau komputer, juga bisa diakses menggunakan iPhone atau hp Android.

Cara setting whatsapp web di iPhone, pertama jalankan aplikasi Safari kemudian masukan alamat https://web.whatsapp.com. Secara default maka kamu akan di redirect ke halaman utama WhatsApp, seperti di bawah ini. Agar bisa masuk ke menu WhatsApp Web di iPhone, kita harus mengaktifkan versi Web, pilih menu opsi lalu tap pada Minta Situs Desktop untuk beralih ke versi desktop.

 

Dan, akhirnya https://web.whatsapp.com bisa diakses lewat iPhone ditandai dengan munculnya barcode.

Silahkan scan barcode WhatsApp Web yang muncul di iPhone tersebut oleh hp lainnya atau hp Android. Nanti secara otomatis WhatsApp Web akan aktif di iPhone kamu.

Oke yang terakhir admin akan memberikan informasi mengenai Cara menggunakan wa web di google chrome. Simak selengkapnya dibawah ini.

4. Cara menggunakan wa web di google chrome

Nah, bagi anda yang ingin menjalankan aplikasi WA dengan menggunakan browser Chrome android maka bisa melakukannya dengan tips berikut ini.
1. Admin anggap anda sudah mempunyai WhatApp yang aktif, entah itu di ponsel anda atau ponsel yang lain yang ingin anda akses akun WhatsApp-nya.
2. Bukalah aplikasi google chrome di HP android, bila belum punya browser Chrome silahkan download dahulu via Play Store
3. Setelah halaman chrome terbuka, pada kolom alamat (address bar) silahkan masuk ke situs web WA yaitu di https://web.whatsapp.com
4. Tampilan pertama kali dalam keadaan browser default situs Web WA tidak akan sama dengan yang ada di Laptop atau PC, hal tersebut dikarenakan tampilan diubah secara otomatis ke mode Mobile responsif. Tampilan sebelum diubah ke mode desktop seperti gambar di bawah ini.
5. Agar bisa memunculkan QR Code yang nantinya akan di Scan via ponsel android silahkan masuk ke menu di browser chrome, klik tombol menu, icon-nya berupa titik tiga di pojok kanan atas.
6. Setelah masuk ke opsi menu silahkan beri centang opsi ‘ubah situs Desktop’ dan secara otomatis halaman web whatsapp akan melakukan refresh serta berubah tampilannya seperti yang ada di PC lengkap dengan kode QR WA.
7. Tugas anda selanjutnya adalah buka ponsel android dan jalankan aplikasi WA, kemudian masuk ke menu pengaturan yang ada di pojok kana atas, lalu pilih opsi ‘WhatsApp Web’ dan silahkan scan kode QR yang ada di ponsel yang tadinya sudah terbuka web WA-nya.
8. Bila anda berhasil melakukan scan QR code maka Browser chrome di ponsel anda sudah siap untuk digunakan untuk chatting.
Demikian informasi yang dapat kuambil.com berikan mengenai Cara Menggunakan Whatsapp Web Diberbagai Perangkat, Semoga ada manfaatnya untuk kita semua .
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × two =