Cara Mudah Mengecilkan Size Dokumen Scan Pdf Sesuai Persyaratan CPNS

Posted on
Selamat datang disitus kuambil.com yang pada kesempatan kali ini akan membagikan tutorial Cara Mudah Mengecilkan Size Dokumen Scan Pdf Sesuai Persyaratan CPNS, Simak selengkapnya dibawah ini.
File pdf merupakan jenis file yang cukup populer yang dikembangkan oleh Adobe system.  Paling banyak file pdf digunakan untuk membuat ebook. Untuk membuat file pdf juga cukup mudah karena jika di komputer kita memakai Microsoft Office dan aplikasi pembaca pdf sudah pasti bisa membuat file pdf.

Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka dan membaca file pdf antara lain adobe reader, sumatra pdf, foxit reader, nitro pdf dan masih banyak lainnya. Masing-masing memiliki keunggulan selain fungsi utamanya adalah membuka file pdf. Ada yang versi berbayar ada pula yang bisa diunduh secara gratisan. Saya sendiri senang menggunakan Nitro Pdf karena berbagai macam fungsi dan kelebihannya.

Baiklah sesuai judul yakni mengurangi ukuran file pdf, Mengurangi ukuran file pdf disini maksudnya adalah mengurangi ukuran memori misalnya yang awalnya 1.000 Kb menjadi 200 Kb. Adapun tujuan mengurangi ukuran memori file pdf disini biasanya diperlukan untuk keperluan unggah file misalnya persyaratan masuk kerja, pendaftaran CPNS, dan lain sebagainya.

Mengurangi atau mengkompress ukuran file pdf bisa dilakukan secara offline maupun online. Untuk yang online banyak aplikasi online yang menyediakan misalnya SmallPdf.com pdfcompressor.com, shrinkpdf.com. Disini kita coba dengan pdfcompressor.com. Kita mulai, sebagai contoh saya memiliki file dengan nama PDF 123 yang berukuran 634 kb akan kita kompressi ukurannya lewat aplikasi pdfcompressor.com.

Silakan masuk ke alamat https://pdfcompressor.com/id/, keluar tampilan berikut Klik Unggah. Yang kita unggah disini adalah file pdf yang akan dikompres.

Cara Mudah Mengecilkan Size Dokumen Scan Pdf Sesuai Persyaratan CPNS
cara kompres file pdf

Kemudian cari file dalam folder di komputer berisi file pdf yang akan dikurangi ukurannya. Klik file tersebut, lalu klik Open, Proses unggah berjalan, tunggu beberapa detik, semakin kecil ukuran file pdf maka semakin cepat proses unggahan, namun bergantung pula dengan kualitas jaringan internet.

Cara Mudah Mengecilkan Size Dokumen Scan Pdf Sesuai Persyaratan CPNS
Kompres pdf secara online
Cara Mudah Mengecilkan Size Dokumen Scan Pdf Sesuai Persyaratan CPNS

Jika sudah selesai maka akan terlihat berapa persen hasil kompresi pdf tadi. Kliks Unduh. Disini hasil kompresinya adalah berkurang sekitar 70 persen. Yang awalnya 634 kb menjadi 193 kb setelah saya unduh.

Cara Mudah Mengecilkan Size Dokumen Scan Pdf Sesuai Persyaratan CPNS

Dari hasil kompres pdf untuk format tulisan tidak terlalu berpengaruh terhadap kualitas tulisan. Sedangkan kualitas gambar dalam file pdf agak sedikit memburam atau kabur apalagi bila file di zoom.

Itu tadi cara compressi pdf secara online, Anda bisa mencoba aplikasi dari alamat web lainnya untuk membandingkan hasil.

Berikutnya adalah cara kompres pdf menggunakan microsoft word.

Cara ini bisa dilakukan jika tidak tersedia jaringan internet online. Jadi mengecilkan ukuran file pdf lewat word pada dasarnya mengkonversi lebih dulu file pdf ke word, kemudian kita simpan kembali sebagai file format pdf.

  • Caranya Buka Microsoft word Anda,
  • Klik  File Lalu Klik Open, cari file pdf yang dimaksud
  • Jika Sudah terbuka filenya Klik File pilih Save
  • Pada file name beri nama misalnya  PDF 123 copy
  • Save as type pilih klik PDF
Cara Mudah Mengecilkan Size Dokumen Scan Pdf Sesuai Persyaratan CPNS
cara kompres pdf lewat MS word
Cara Mudah Mengecilkan Size Dokumen Scan Pdf Sesuai Persyaratan CPNS

Setelah klik PDF tadi pilih opsi minimum size (publishing online) lalu klik Save. File pdf berhasil dikompress. Hasil dan ukuran sama dengan saat mengkompres pdf lewat online tadi.

Demikian yang dapat kuambil.com berikan mengenai Cara Mudah Mengecilkan Size Dokumen Scan Pdf Sesuai Persyaratan CPNS, Semoga ada manfaatnya untuk kita semua.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 19 =