Cara Mudah Verval Data PTK Serta NUPTK 2018

Cara Mudah Verval Data PTK Serta NUPTK 2018

Posted on
Hallo kembali lagi bersama kuambil.com yang pada kesempatan kali ini akan membagikan tips Cara Mudah Verval Data PTK Serta NUPTK 2018, Simak selangkapnya dibawah ini
Penerapan satu data oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yakni penggabungan data dapodik dengan data yang ada di Padamu Negeri, namun lebih dominan kepada Dapodik hanya NUPTK yang masih digunakan oleh Pemerintah untuk mengenal dan mengindex PTK yaang ada di Nusantara. NUPTK wajib dimiliki oleh seluruh PTK baik swasta maupun Negeri yang mengajar pada tingkat TK sampai SLTA. Ada yang beranggapan bahwa NUPTK tidak penting lagi karena kita sudah satu data di dapodik, anggapan itu salah, NUPTK masih digunakan oleh Pemerintah khususnya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Berdasarkan hal di ataslah Pemerintah masih menerbitkan NUPTK dan mempervikasi para pemegang NUPTK setiap semesternya. Agar NUPTK kita aktif dan tidak mati, maka operator sekolah wajib memverifikasi PTK yang mempunyai NUPTK berdasarkan Data PTK yang telah diinput di aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) harus dilakukan verifikasi dan validasi. Begitupun dengan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) bagi seluruh guru. .
Laman verval PTK akan termuat beberapa form data PTK yang harus diverivikasi, di antaranya: NUPTK, NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, Nama Ibu Kandung, Jenis Kelamin, Agama, Jenis, dan Status Validasi Data PTK Berikut cara verval PTK dan NUPTK tahun 2018.
Langkah-langkah atau Cara Mudah Verval Data PTK Serta NUPTK 2018 
2. Login, masukkan username dan password untuk login pada verval PD (akun yang sudah terdaftar di SDM PDSP.
3. Selanjutnya klik pada tab “Pengelolaan” lalu klik pada pilihan pada menu drop-down, pilih “Perbaikan Data Master”.
Cara Mudah Verval Data PTK Serta NUPTK 2018
4. Perbaiki data PTK yang diperlukan seperti Nama PTK, Tanggal Lahir PTK, Tempat Lahir PTK, NIK, Jenis Kelamin, maupun Nama Ibu Kandung PTK. Setelah perbaikan dilakukan, silahkan lampirkan dokumen yang diperlukan yang menjadi pendukung perubahan :
a. Kartu Keluarga
b. Akte Kelahiran
c. Buku Nikah
d. KTP
e. Ijazah
Cara Mudah Verval Data PTK Serta NUPTK 2018
5. Setelah perbaikan serta pemasangan photo PTK telah dipilih silahkan klik pada “Upload Dokumen”, selanjutnya akan muncul tampilan konfirmasi, Anda yakin akan mengubah data?, pilih “OK”.
6. Tunggu proses upload data hingga selesai.
Cara Mudah Verval Data PTK Serta NUPTK 2018
7. Untuk upload photo, setelah proses upload selesai, maka photo PTK akan langsung tampil, sedangkan untuk edit  atau memperbaiki data PTK ada jeda waktu persetujuan, untuk cek status perbaikan data PTK silahkan klik pada menu drop-down pada “Pengelolaan” selanjutnya pilih “Status Perbaikan Data Master”.
Sampai pada langkah ke tujuh (7) verifikasi untuk satu orang guru sudah dilakukan tinggal menunggu perubahan, kemudian lakukan kembali untuk setiap PTK yang lain seperti langkah di atas.
Selain verifikasi NUPTK, kita juga dapatk melihat informasi terkait hal mengenai status PTK yang sedang mengajukan NUPTK yang dapat dilihat di tab menu:
1. Calon Penerima NUPTK.
2. Status Penerima NUPTK.
3. Pengajuan Penutupan NUPTK.
Nah demikian yang dapat kuambil.com berikan mengenai Cara Mudah Verval Data PTK Serta NUPTK 2018, Semoga ada manfaatnya untuk kita semua.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × one =