Cara Penyusunan SKP Bagi PNS Yang Lengkap

Cara Penyusunan SKP Bagi PNS Yang Lengkap 2018

Posted on

Pada kesempatan kali ini kuambil.com akan membagikan informasi mengenai Cara Penyusunan SKP Bagi PNS Yang Lengkap 2018, Simak selengkapnya dibawah ini.

Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 mengisyaratkan penilaian prestasi kerja PNS dirubah dari DP3 (Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan) yang diatur oleh Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1979 menjadi penilaian prestasi kerja PNS. Ketentuan ini berlaku efektif mulai 1 Januari 2014.Penilaian prestasi kerja PNS terdiri atas: unsur sasaran kerja pegawai (SKP) dengan bobot 60% dan perilaku kerja (PK) bobot 40%. Penilaian prestasi kerja PNS ini bertujuan untuk menjamin objektifitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi kerja dan sistem karier, yang dititikberatkan pada sistem prestasi kerja.

  1. Setiap awal tahun setiap PNS harus mengisi sasaran kerja pegawai. Berikut ini tata cara pengisian SKP.
    Setiap PNS wajib menyusun SKP berdasarkan RKT instansi. Dalam menyusun SKP harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut: (a) jelas; (b) dapat diukur; (c) relevan; (d) dapat dicapai; (e) memiliki target waktu.
  2. SKP memuat kegiatan tugas jabatan dan target yang harus dicapai. Setiap kegiatan tugas jabatan yang akan dilakukan harus berdasarkan pada tugas dan fungsi, wewenang, tanggung jawab, dan uraian tugas yang telah ditetapkan dalam Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK).
  3. PNS yang tidak menyusun SKP dijatuhi hukuman sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai disiplin PNS.
  4. Unsur Sasaran Kerja Pegawai:1. Kegiatan Tugas Jabatan, mengacu pada Penetapan Kinerja/RKT. Dalam melaksanakan kegiatan tugas jabatan pada prinsipnya pekerjaan dibagi habis dari tingkat jabatan tertinggi s/d jabatan terendah secara hierarki.2. Angka Kredit, hanya diisi oleh pejabat fungsional tertentu.3. Target, dalam menetapkan target meliputi aspek sebagai berikut (a) kuantitas (target output); (b) kualitas (target kualitas); (c) target waktu; dan (d) target biaya (untuk pejabat fungsional tertentu dan fungsional umum tidak perlu diisi, hanya diisi oleh pejabat eselon).
Hasil Penilaian pencapaian kinerja PNS ini di manfaatkan sebagai bahan dasar pertimbangan  penetapan keputusan kebijakan pengelolaan karier kerja PNS yang berkenaan dengan:
  • Bidang Pekerjaan
  • Bidang Pengangkatan dan Penempatan
  • Bidang Pengembangan
  • Bidang Penghargaan
Untuk mencapai Obyektifitas kinerja   seorang PNS secara sistemik maka diperlukan Parameter Penilaian sebagai alat ukur dan standar penilaian out put (hasil kerja nyata) dan terukur mulai dari tingkat capaian SKP (Sasaran Kerja Pegawai) yang menggabungkan antara penetapan sasaran kerja individu seorang PNS dengan suatu proses pelaksanaan pekerjaan dengan melihat produktif dan hasilnya di rekomendasikan sebagai acuan dasar pembinaan dan pengembangan karier seorang PNS.
Dan yang perlu di ketahui SKP merupakan target atau sasaran kerja seorang PNS yang di susun dan di  sepakati bersama antara seorang PNS dengan atasannya di Instansi tempat dia bekerja.

Penilaian Prestasi Kerja PNS

Penialaian kinerja seorang PNS di laksanakan oleh pejabat penilai sekali dalam satu (1) tahun yang di lakukan setiap Desember atau akhir Tahun atau paling lama pada akhir januari  pada tahun berikutnya dengan memenuhi unsur penilaian sebagai berikut:
  • SKP  dengan bobot nilai 60% ; dan
  • Perilaku kerja dengan bobot nilai 40%
PNS wajib Menyusun SKP berdasarkan RKT instansi apabila tidak maka dapat di kenakan hukuman yang sesuai dengan perundang-undangan dan apabila tidak sesuai dengan pencapaian sasaran yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010, dengan maka bisa mendapatkan sanksi ketentuan disiplin, baik itu sanksi ringan atau sanksi berat.

UNSUR-UNSUR DALAM Pembuatan SKP

Ini beberapa unsur yang harus di lengkapi yaitu:

  • Kegiatan tugas Jabatan
  • Angka Kredit
  • Target
Dan ada lagi Tugas Tambahan dan kreatifitas maka dengan ini kami berikan dokumen lengkap yang harus di lengkapkan untuk pembuatan SKP, bagi sahabat infocekgu.com untuk  dapat mendownload file nya download  disini 
Demikian informasi yang dapat kuambil.com berikan mengenai Cara Penyusunan SKP Bagi PNS Yang Lengkap 2018, Semoga ada manfaatnya untuk kita semua.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 1 =