Simulasi Ilmu Fisika, Kimia, Biologi, Kebumian dan Matematika Melalui SIM PhET

Simulasi Ilmu Fisika, Kimia, Biologi, Kebumian dan Matematika Melalui SIM PhET

Posted on
Simulasi Ilmu Fisika, Kimia, Biologi, Kebumian dan Matematika Melalui SIM PhET, Silahkan download gunakan SIM PhET: Simulasi Ilmu Fisika, Kimia, Biologi, Kebumian dan Matematika sebagai alternatif media pembelajaran bapak/ibu guru yang belum bisa membuat sendiri.
Perkembangan teknologi informasi di era sekarang sangatlah pesat. Berbagai aspek layanan informasi sangat bergantung pada pemanfaatan teknologi informasi. Dukungan teknologi ini sangat mempengaruhi pesatnya perkembangan teknologi informasi khususnya internet untuk belajar dalam bidang pendidikan. Teknologi informasi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran dalam dunia pendidikan, baik sebagai sumber belajar penyampai pesan, maupun sarana sebagai pendukung proses pembelajaran.

Sudah barang tentu guru dituntut untuk melek IT. Guru harus pandai membuat model pembelajaran interaktif. Pilihan alat bantu pengajaran harus layak secara pendidikan, serta disediakan secara metodologis. Selain itu, pelaksanaan sumber daya eletronik yang dibutuhkan dalam pendidikan harus diterapkan secara sistematis.

Belum tentu semua guru bisa membuat hal samacam itu, ini mungkin disebabkan keterbatasan kemampuan dan waktu. Kabar baiknya, mungkin Bapak/Ibu guru sudah mendengar Sim Phet Interactive Simulation. Saya rasa sim phet ini bisa dijadikan solusi “sementara” untuk menutupi kekurangan tersebut.

Apa itu simulasi phet?

PhET menghadirkan simulasi sains dan matematika yang menyenangkan secara gratis dan sangat interaktif, berbasis penelitian. Mereka secara ekstensif menguji dan mengevaluasi setiap simulasi untuk memastikan efektivitas pendidikan. Melalui bentuk tes serta wawancara siswa dan observasi penggunaan simulasi di ruang kelas. Simulasi phet dikemas dalam bahasa Java, Flash atau HTML5, dan dapat dijalankan secara online maupun offline yang dapat diunduh ke komputer Anda. Semua simulasi adalah sumber terbuka dan bisa dipakai secara gratis untuk semua siswa dan guru.

Salah satu ontoh Simulasi PhEt

Cara menggunakan simulasi phet

Simulasi PhET adalah alat yang sangat fleksibel yang dapat digunakan dalam banyak cara. Di sini, Anda akan menemukan video dan sumber daya untuk belajar tentang cara efektif mengintegrasikan simulasi PhET ke kelas Anda. Tidak hanya itu simulai phet ini sudah diterjemahkan dengan berbagai bahasa termasuk Indonesia. https://phet.colorado.edu/in/simulations/translated/in

Ada 2 pilihan dalam menggunakan simulasi phet yakni secara online dan offline. Jika menggunakan secara online maka baik guru maupun siswa harus mempunyai koneksi internet. Kelemahannya terkadang koneksi internet di sekolah tidak ada. Jadi pilihannya gunakan secara offline. Silahkan kunjungi alamat ini https://phet.colorado.edu/in/simulations

Dalam laman ini Anda bisa mencari simulasi sesuai dengan kebutuhan kelas Anda. Klik salah satu gambar simulasi => klik unduh jika ingin menggunakan secara offline, jika ingin menggunakan secara online => klik play

Seperti yang saya katakan diatas bahwa file simulasi berbentuk Java, Flash atau HTML5 biasanya akan terdeteksi seperti virussetelah terunduh akan tampil file seperti ini karena filenya berupa Java, Flash

lakukan tetap download Jika dalam laptop Anda belum ada aplikasi java dan flashmaka Anda harus menginstallnya terlebih dahulu agar programnya bisa berjalan.

Jika tampilan file downloadnya seperti diatas maka ini dalam bentuk HTML5 setelah selesai klik icon chromenya maka sim phet nya akan tampil secara offline. Semoga membantu.

Demikian informasi yang dapat kuambil.com berikan mengenai Simulasi Ilmu Fisika, Kimia, Biologi, Kebumian dan Matematika Melalui SIM PhET, Semoga ada manfaatnya untuk kita semua.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 4 =